Gunung Peut Sagoe Pidie Aceh

0 46

Gunung Peut Sagoe  

Gunung Peut Sagoe merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Inonesia yang bertype strato. Gunung ini berada di wilayah Geumpang, Kabupaten Pidie, Aceh, sebuah kecamatan yang berjarak lebih kurang 220 km dari Banda Aceh dengan menggunakan transportasi darat. Gunung Peut Sagoe memiliki ketinggian kubah 2.780 MDPL. Secara geografis gunung Peut Sagoe diapit oleh gunung Tutung.
Dari Banda Aceh menuju Perkampungan terakhir menuju gunung Peut Sagoe menghabiskan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan darat. Untuk menuju ke puncak gunung peut sagoe terlebih dahulu kita harus melewati SP V yang merupakan jalur awal pendakian ke Gunung Peut Sagoe.

 

Untuk mencapai puncak Peut Sagoe membutuhkan waktu lebih kurang 5 hari pendakian dan 2 hari turun. Jalur pendakain awal melewati hutan primer dengan kelembaban tinggi diteruskan dengan menyusuri tepi sungai yaitu Alue Simpang Lhe (Sungai Simpang Tiga).
Gunung Peut Sagoe juga dikenal sebagai habitat Gajah Sumatra, Beruang Madu, Harimau Sumatra, Rusa dan satwa jenis lainnya. Selain itu tumbuhan jenis langka seperti Raflesia, Kantong Semar juga banyak ditemukan saat melakukan pendakian. Hamparan edelwis yang populasinya relatif terjaga dikarenakan kawasan ini tidak terlalu diminakti oleh pegiat alam terbuka, kecuali dalam kontek ekspedisi pendakian.
Source http://geumpangmane.blogspot.com http://geumpangmane.blogspot.com/2016/05/gunung-peut-sagoe.html
Comments
Loading...