Air Terjun Sambabo, Mamasa

0 56

Air Terjun Sambabo

Air Terjun Sambabo yang merupakan air terjun tertinggi di pulau tersebut. Letaknya berada di Desa Ulumambi, Kecamatan Bambang, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Anda dapat menempuh Wisata Ini sekitar 10km dri pusat kota Mamasa dan 300km dri Pusat Kota Polewali Mandar, dan ini menjadi kebanggan Tersendiri bagi Provinsi Sulawesi Barat, karna Wisata Air Terjun Sambaboini menjadi Air Terjun tertinggi di Pulau Sulawesi.

Sebuah tempat Wisata yang sangat menyenangkan karna udaranya yang sejuk dgn suara gemuruh air yang terjun dari ketinggian kurang lebih 400m dan airnya yang dingin, yang membuat Anda betah untuk terus berada di Tempat Wisata tersebut. Lokasinya yang berada di lereng gunung dan hutan yang masih asri Perpaduan letak itu terjalin menjadi sebuah perpaduan dekorasi alam yang indah. Untuk mencapai Air Terjun Sambabo, pertama Anda harus melewati jembatan gantung, ini tentu akan menjadi sesasi terpisah, kemudian naik lembah sekitar 500 meter, dan Anda juga akan melewati perkebunan kopi dan kakao.

Keindahan Air Terjun Sambabo tak kalah hebatnya dengan air terjun Niagara di Amerika. Kemegahan tidak hanya berpusat di Air Terjun Sambabo saja, alam sekelilingnya pun menarik, terpampang di lereng pegunungan dan berada di antara batu-batu besar, juga dihiasi dekorasi hutan alami yang mengelilingi air terjun. Seperti halnya tempat-tempat lainnya di Indonesia yang mempunyai cerita mitos, Di balik keindahannya, Air Terjun Sambabo ini ternyata memiliki cerita legenda yang unik.

Konon di air terjun itu dihuni oleh seekor burung raksasa yang tidak diketahui jenisnya apa. Bulunya sendiri digambarkan seperti plastik yang air pun tak dapat tembus. Burung ini berada di belakang air terjun dalam gua. Burung ini tak seperti burung pada umumnya yang terbang berkeliaran, karena hanya keluar pada musim kemarau dengan suara yang keras dan aneh. Nah, bagi siapapun yang bisa mendengar dan melihatnya, maka akan mendapat peruntungan. Bagi yang memiliki usaha akan berhasil, bagi yang lajang akan segera menemukan jodohnya, bagi yang sakit akan segera sembuh dari penyakitnya.

Burung ini konon menjelajah ke setiap kampung-kampung di sekitar wilayah air terjun. Tidak hanya itu, burung raksasa ini pun terbang sampai ke Pantai Barat Selat Makassar. Lantaran suka menjelajah itulah, masyarakat lokal menyebutkan dengan “Samba Botto” atau “Sambabo” atau wilayah yang luas artinya dan yang kini menjadi nama air terjun tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi dan berasal dari luar Sulawesi Barat, untuk sampai ke Air Terjun Sambabo, akses termudah adalah hanya dari Makassar, Sulawesi Selatan. Ada transportasi pesawat dari Makassar ke Tampa Padang Airport, Mamuju. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan ke Mamasa dengan menggunakan mobil sewaan atau angkutan umum. Sesampainya di Mamasa, disarankan istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Bambam, tempat di mana obyek wisata Air Terjun Sambabo berada. Di Kota Mamasa sendiri banyak fasilitas yang disediakan untuk para wisatawan, dari hotel, penginapan, restoran, pusat oleh-oleh sampai rental mobil.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sulawesi-barat/air-terjun-sambabo-berwisata-menyenangkan-di-sulawesi-barat.html
Comments
Loading...