Wisata Warung Apung Rowo Jombor Klaten

0 203

Rowo Jombor

Rowo Jombor merupakan  salah satu tempat wisata dengan nuansa alam yang ada di kota Klaten. sebuah cekungan atau rowo yang dikembangkan menjadi obyek wisata daerah. Dahulu Rowo Jombor hanya dimanfaatkan sebagai penampung air. Kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata dengan cara membuat gethek (perahu penumpang dari bambu) di rowo dan masyarakat dapat membayar sejumlah uang jika ingin menaikinya.

Setelah itu Rowo Jombor dikembangkan lagi dengan membuat warung apung, yakni tempat makan yang terapung di atas rowo. Warung apung ini jumlahnya puluhan dan masing-masing memiliki nama tersendiri. Pembangunan warung ini dari rangkaian bambu dan dibawahnya dipasang drum agar dapat terapung. Untuk menuju Rowo Jombor yang terdapat ditengah ini, pengunjung dapat menaiki perahu khusus yang berjalan dengan cara ditarik pekerja khusus.

Lokasi Rowo Jombor

Rowo Jombor terletak di Desa Krakitan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Lokasi Rowo Jombor sendiri adalah berupa cekungan yang luas dan dapat menampung air hingga 4 juta meter kubik. Awalnya Rowo Jombor ini difungsikan sebagai waduk, namun lambat laun dikembangkan menjadi daerah wisata.

Harga Tiket Masuk Rowo Jombor

Untuk masuk ke kawasan Wisata Rowo Jombor anda akan dikenakan tarif karcis sebesar 5 ribu rupiah.

Akses Menuju Rowo Jombor

Akses menuju Rowo Jombor juga tidak sulit. Dan jalur paling mudah adalah melewati jalan Jogja-Solo. Baik dari Jogja maupun Solo, Saudara cukup mencari stasiun atau terminal Bus. Dan dari pertigaan stasiun Klaten ini Saudara mengambil arah Jimbung atau arah rowo jombor. Saat dalam perjalanan dari pertigaan stasiun Klaten menuju obyek wisata Rowo Jombor, Saudara akan bisa menyaksikan keindahan alam yang menarik. Baik itu keindahan persawahan sampai keindahan pegunungan yang hijau.

Source wisata klaten
Comments
Loading...