Wisata Umbul Gedaren Klaten Jawa Tengah

0 401

Umbul Gedaren

Umbul Gedaren adalah salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Gedaren, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten. Umbul tersebut tidak hanya memamerkan kejernihan airnya namun juga sangat berperan penting bagi kehidupan sehari-hari masyarakat setempat, selain digunakan untuk mandi dan juga mencuci, air melimpah yang keluar dari Umbul Gedaren juga sanggup digunakan untuk pengairan sawah seluas 20 hektar.

 

 

Sejarah Umbul Gedaren

Nama Umbul Gedaren berawal dari kata “dar” yang diambil dari nama salah satu penunggu umbul yang bernama Ny Dewi Siti Sundari. Kemudian setelah itu oleh orang tua zaman dahulu nama “dar” ditambah kata awalan “Ge” dengan akhiran “ren” yang akhirnya menjadi Gedaren. Umbul Gedaren sendiri memiliki dua sumber mata air yang diberi nama Umbul lanang (bagian barat) dan Umbul Wadon (bagian timur). Konon umbul bagian barat dijaga oleh makhluk dari alam lain yang bernama Kyai Jegang Joyo sedangkan bagian timur dijaga oleh Ny Dewi Siti Sundari.

 

Keistimewaan Umbul Gedaren

Di umbul gedaren ini cocok untuk anda penikmat ketenangan, karena di tempat ini suasananya sangatlah nyaman, dikarenakan terdapat beberapa pepohonan yang begitu rindang. Takhanya itu, di Umbul Gedaren terdapat beberapa patung yang menghiasi sudut-sudut umbul tersebut yang dalam sudut pandang sangat Eksotis, karena air di umbul gedaren sangatlah jernih, dikarenakan kolam umbul gedaren adalah sumber mata air penduduk setempat, konon di percayai umbul gedaren airnya dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit, di umbul gedaren tak usah khawatir akan kelaparan, karena di sekitar area umbul daren terdapat warung-warung yang menjajakan makanan yang harganya tidak menguras kantong anda, disamping itu juga, umbul gedaren mempunyai lahan parkir yang aman dan luas, jadi anda tak usah khawatir akan kendaran anda.

Source wisata klaten
Comments
Loading...