Wisata Tugu Tiga Puteri Jepara Jawa Tengah

0 345

Tugu Tiga Puteri Jepara

Tugu Tiga Puteri Jepara merupakan salah satu tempat wisata monumen tugu bersejarah yakni Tiga figur perempuan legendaris Jepara yakni Ratu Shima, Ratu Kalinyamat dan RA Kartini menjadi ikon baru di Bundaran Ngabul, Jepara. Monumen tiga perempuan Jepara tersebut menyedot perhatian banyak masyarakat yang berada di Jepara dan sekitarnya.

Lokasi Tugu Tiga Puteri Jepara

Tugu Tiga Puteri Jepara berada di Jalan HOS. Cokroaminoto, Jepara, Kauman, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59419, Indonesia.

Ketinggian Tugu Tiga Puteri Jepara  

Monumen dengan ketinggian mencapai 15 meter dibangun dengan biaya Rp 2,5 miliar tersebut dipadati pengunjung setiap harinya. Mulai sore sudah banyak yang berdatangan. Dari berfoto selfie sampai hanya menikmati kekaguman monumen tersebut.

Menanggapi itu, Kabag Humas Pemkab Jepara, Hadi Priyanto, saat dihubungi mengatakan, pihaknya mengapresiasi banyaknya pengunjung yang menikmati keberadaan tiga patung pejuang tersebut. Namun, masyarakat juga harus ikut merawat keberadaan patung.

Mengenai monumen, tinggi total dengan patung utuh satu badan sekitar 15 meter, dan masing-masing tokoh menghadap kearah yang berbeda. Sesuai dengan lokasi penting yang berkaitan dengan ketiga perempuan tersebut.

Sejarah Tugu Tiga Puteri Jepara  

Patung Ratu Shima menghadap ke arah Kecamatan Keling yang konon menjadi pusat Kerajaan Kalingga yang ia pimpin, kemudian Ratu Kalinyamat menghadap ke arah Desa Mantingan Kecamatan Tahunan, serta patung Kartini menghadap ke arah Kecamatan Mayong, tempat kelahiran pahlawan emansipasi wanita Indonesia itu. 

Pesona Tugu Tiga Puteri Jepara

Tugu Tiga Puteri Jepara tidak hanya berupa patung saja, tetapi juga terdapat taman, pohon, dan rumput hias. Tugu Tiga Puteri Jepara di malam hari merupakan tempat favorit berwisata malam, Karena ketika malam hari di tugu tiga puteri Jepara terdapat lampu-lampu yang mempercantik tugu.

Source wisata jepara
Comments
Loading...