Wisata Telaga Merdada Dieng Banjanegara Jawa Tengah

0 119

Telaga Meradada Dieng

Telaga Meradada Dieng merupakan salah satu tempat wisata di dieng yang luput dari wisatawan. Telaga Merdada adalah salah satu telaga terbesar yang ada di dieng. Tahukah anda bahwa air dari telaga ini berasal dari air hujan, jadi ketika kemarau danau ini akan mengering. Begitupun sebaliknya ketika musim hujan, volume air danau ini akan penuh.

Walaupun air telaga merdada kering ketika kemarau, bukan berarti anda bisa menginjakan kaki di dasar danau. Karena danau ini dipenuhi dengan lumpur yang cukup dalam. Telaga Merdada mempunyai kawasan yang sangat luas, yaitu sekitar 25 hektar. Dengan kawasan yang begitu luas lalu Talaga ini di beri Merdada. Kata Meradada meruku pada ” dada ” yang mengandung arti luas atau lapang.

Di tepi danau merdada dulunya digunakan sebagai tempat pembibitan jamur oleh PT Dieng Jaya. Akan tetapi perusahaan tersebut telah bangkrut dan meninggalkan sisa-sisa bangunan pembibitan yang terbengkelai. Kini kawasan tepai danau telah dimanfaatkan petnai setempat unutk kegiatan bercocok tanaman. Petani kebanyakan menanam kentang di tepi telaga merada dieng ini.

Lokasi Telaga Merdada Dieng

Telaga Merdada Dieng tepatnya berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Banjar Negara, Indonesia.

Harga Tiket Masuk Telaga Meradada Dieng

Untuk harga tiket masuk danau merdada dieng adalah 5.000 rupiah per orang. Biaya lainya yang harus anda keluarkan adalah tiket parkir kendaraan bermotor. Harga tersebut bisa sewaktu-waktu berubah. Jika mengunjungi danau meradad pada saat bukan hari libur maka tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Jalan Menuju Telaga Merdada Dieng

Untuk jalan menuju Telaga Merdada Dieng adalah sebagai berikut. Dari pertigaan dieng ambil jalan arah banjarnegara. Telusuri jalan tersebut hingga menemukan petunjuk masuk ke kawasan Telaga. Jarak dari pertigaan dieng sampai ke telaga meradada sekitar 3 km.

Source wisata banjarnegara
Comments
Loading...