Wisata Taman Satwa Cikembulan Garut

0 287

Taman Satwa Cikembulan

Taman Satwa Cikembulan merupakan salah satu obyek wisata satwa yang berada di Garut, Tempat satwa bernuansa pedesaan ini sangat nyaman dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga sambil menikmati pemandangan alam yang cukup indah. Taman Wisata Cikembulan merupakan hasil kreativitas warga setempat. Tetapi kini menjadi salah satu objek wisata yang sangat indah dan patut dikunjungi.

Keindahan Taman Satwa Cikembulan

Taman Satwa Cikembulan didirikan tahun 1998 di atas lahan seluas 5 hektar dan mulai dibuka untuk umum tahun 2009. Koleksi satwa di Taman Satwa Cikembulan saat ini mencapai sekitar 465 dari sebanyak 108 spesies. Terdiri dari 58 spesies satwa dilindungi dengan 219 individu serta 50 spesies satwa tak dilindungi dengan 246 individu. Jenis satwa yang banyak menarik perhatian pengunjung adalah orang utan asal Kalimantan yang berada di kandang terbuka. Taman Satwa Cikembulan dikenal berhasil mengembangkan satwa berpasangan seperti singa Afrika, macan tutul, orang utan, landak dan rusa.

Keunggulan dari Taman Satwa Cikembulan ini adalah suasananya yang sangat sejuk karena dikelilingi oleh hamparan persawahan penduduk sekitar. Dapat dikatakan bahwa Taman Wisata Cikembulan sangat kental akan suasana alam pedesaan yang masih sejuk dan asri serta sulit ditemukan di perkotaan. Keunikan dari Taman Wisata Cikembulan ini adalah ada beberapa hewan yang sengaja dibiarkan bebas di luar kandang. Tak perlu khawatir, hewan-hewan yang dibiarkan bebas tersebut tidak berbahaya seperti halnya ayam, bebek, trenggiling dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk Taman Satwa Cikembulan

Tiket masuk ke Taman Satwa Cikembulan ini sangat terjangkau. Untuk dewasa harga tiketnya Rp 17.000 dan anak-anak Rp 8.000. Sedangkan harga tiket untuk akhir pekan atau hari lbur adalah Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Taman Satwa Cikembulan buka setiap hari pukul 09.00 – 17.00 WIB. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, kamu bisa mengenal berbagai jenis satwa sekaligus menikmati suasananya yang sangat indah dan sejuk.

Akses Menuju Taman Satwa Cikembulan

Taman satwa Cikembulan ini berlokasi di Kampung Jati Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Akses lokasinya tidak terlalu sulit dijangkau. Jarak taman ini sekitar 16 kilometer dari pusat kota Garut. Sedangkan dari jalan raya Bandung – Garut jaraknya kurang lebih 2,5 kilometer. Sementara itu, untuk transportasi menuju Taman Cikembulan bisa menggunakan delman dan ojek yang siap melayani kita sampai berada di tujuan. Transportasi menuju area taman wisata ini cukup mudah seperti bus dan elf. Dengan jurusan Bandung – Garut, Bandung – Tasikmalaya, Bandung – Pameungpeuk, Bandung – Cikajang, Bandung – Bungbulang atau Bandung – Singajaya, semuanya melewati Kadungora.

Source Jalan Wisata indah safitri
Comments
Loading...