Wisata Taman Laut di Kolondale

0 68

Taman Laut Kolondale

Kolonedale sebuah Kota kecil di Kabupaten Morowali propinsi Sulawesi Tengah, memiliki sebuah tempat yang menawarkan panorama alam dan dunia bawah laut yang eksotis yang bernama Taman Laut Teluk Tomori. Berada persis di depan kota Kolonedale yang menjadi pintu gerbang menuju ke Taman laut Tomori atau ke kawasan cagar alam morowali, taman laut yang indah ini merupakan urutan ke-27 dunia.

Di Kolonedale terdapat pelabuhan utama yang menghubungkan jalur transportasi laut Kabupaten Morowali dengan daerah lainnya. Sebagian besar penginapan, pertokoan, terminal dan pasar berada di kawasan yang terletak tidak jauh dari dermaga ini.Teluk ini memiliki keindahan alam yang unik dan menarik. Airnya tenang dan kadang-kadang menyerupai sebuah cermin yang memantulkan bayangan gunung di sekitarnya. 

Panorama Indah di Kolonedale

Panorama alam ini semakin indah dengan adanya rangkaian kepulauan yang indah yaitu Payau Dara nama pulau yang terletak di pusat laut dan beberapa pulau kecil lainnya, seperti Pulau Lampu, Pulau Tokabe, Pulau Bunda dan Pulau Tomori. Teluk ini juga memiliki ribuan spesies ikan karang yang unik dan cantik, hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk melakukan kegiatan snorkeling ataupun penyelaman di sini, dan bisa menjadi alternatif wisata anda selain Bunaken danWakatobi.

Hasil gambar untuk Wisata Taman Laut di Kolondale

Di teluk ini pula terdapat Pulau Tomori yang sangat indah dan kerap dikunjungi wisatawan, sebuah pulau kecil yang berbentuk oval yang memanjang dari utara ke selatan dengan pantai di bagian timur dan barat yang berpasir putih tetapi pantai di bagian utara dan ke selatan merupakan bebukitan yang tingginya hingga 300 meter, dan pastinya tak kalah indah dengan pulau-pulau yang ada di Raja Ampat.

Hasil gambar untuk Wisata Taman Laut di Kolondale

Di sana juga terdapat batu karang di tengah laut yang menyerupai pohon beringin setinggi 25 meter dari dasar laut dan disebut Batu Apali oleh masyarakat Tomori yang tinggal disekitar teluk, Ada pula warisan kuno di puncak batu itu dan dianggap keramat oleh masyarakat setempat, setiap perahu yang lewat di sana harus membunyikan sirene. Karena daerah ini memiliki curah hujan yang tinggi dan terjadi hampir sepanjang tahun maka waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah antara bulan September dan November. Kawasan ini dapat dicapai dengan transportasi darat Dari Kota Palu ke Kolonedale memakan waktu kurang lebih 24 jam.

Source http://wisataterbaikindonesia.blogspot.com http://wisataterbaikindonesia.blogspot.com/2013/04/taman-laut-teluk-tomori-nan-eksotis.html
Comments
Loading...