Wisata Taman Budaya Raden Saleh Semarang Jateng

0 169

Taman Budaya Raden Saleh

Taman Budaya Raden Saleh TBRS Semarang merupakan salah satu wisata  aset potensial yang dimiliki Kota Semarang, sebuah taman wisata yang terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Sriwijaya No 29 Semarang dengan luas lahan ± 89.926 m2 . Selain terletak pada posisi strategis, taman ini memiliki kontur tanah dan pepohonan tua dan rindang yang bila ditata dan dikelola secara professional akan menjadi salah satu sarana rekreasi yang layak jual dan berpotensi menarik minat wisatawan.

Asal Mula Taman Budaya Raden Saleh

Tempat ini semula merupakan Taman Hiburan Rakyat sebagai Kebun Binatang, setelah dipindahkan, taman ini beralih menjadi pusat kesenian dan kebudayaan Taman Budaya Raden Saleh, dan sebagian berubah menjadi Taman Rekreasi Keluarga Wonderia. Pada hari-hari tertentu (seringnya malam Jumat Kliwon atau malam Minggu) dipentaskan wayang, selain itu untuk pementasan teater yang dipentaskan oleh Teater Lingkar, seni drama dan pembacaan puisi. Buka setiap hari jam 06.00-21.00.

Harga Tiket Taman Budaya Raden Saleh

Pada malam-malam tertentu, TBRS terdapat berbagai kegiatan pagelaran seni budaya yang rutin digelar. Pertunjukan seni budaya ini biasa digelar di Gedung Kesenian Ki Narto Sabdho. Pertunjukan tersebut diantaranya pertunjukan wayang orang oleh Ngesti Pandawa setiap Sabtu Malam, wayang kulit setiap Malam Senin Pahing, serta musik keroncong oleh Komunitas Keroncong setiap hari Rabu terakhir. Untuk harga tiket masuk pertunjukanna begitu terjangkau, dimulai dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 25.000,- rupiah saja.

Transportasi Taman Budaya Raden Saleh

Dari pusat Kota Semarang, TBRS bisa ditempuh dengan jarak 6,5 km. Jarak tersebut dapat dijangkau hanya dengan waktukurang lebih 15 menit perjalanan. Dari Simpang Luma, ambil arah Jalan Pahlawan. Sampai di lampu merah Polda Jawa Tengah, belok kiri. Lurus terus hingga kamu menemui Wonderia di kanan jalan. Nah, sebelah Wonderia ada gedung Perpustakaan Daerah Jawa Tengah, masuk terus melewati jalan di samping perpustakaan tersebut. Lanjutkan perjalanan, kamu akan menjumpai gerbang besar, bertuliskan Taman Budaya Raden Saleh (TBRS). Jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, maka kamu bisa menumpang angkutan kota atau bus jurusan Java Mall. Rute mikrolet dan bus ini melewati jalan Sriwijaya.

Source wisata wikipedia
Comments
Loading...