Wisata Sungai Ndas Gending di Magelang Jawa Tengah

0 363

Ndas Gending

Ndas Gending merupakan salah satu tempat pemandian semacam umbul namun lebih ke sungai yang mengalir. Kali Gending atau Sungai Gending berada di dusun Ganjuran. Kali yang berasal dari sumber air alami ini telah di manfaatkan oleh  penduduk sekitar untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Aliran sungai ini juga mengalir hingga ke Kali Progo dan juga ke laut Pantai Selatan. Ada banyak beberapa pohon yang sangat besar yang menjadikan kawasan ini cukup rindang dan sejuk untuk berlama-lama. Selain juga disebut sebagai Ndas Gending, masyarakt lainnya juga menyebut kawasan ini sebagai Kali Gending Ganjuran, Kali Bening Ganjuran, Gending Ganjuran, dan juga Gending Sukorejo.

Lokasi Ndas Gending

Ndas Gending terletak di Jalan Ganjuran, Dusun Ganjuran, Kec. Mertoyudan, Sukorejo, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah 56172.

Aktivitas Ndas Gending

Aktivitas yang biasa dilakukan di kawasan ini antara lain untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, pada setiap malam Jumat pengunjung tidak hanya pengunjung lokas juga berkunjung ke Kali Ndas Gending ini.

Bagi yang memiliki hobi mancing, lokasi sungai ini juga cocok digunakan untuk memancing karena ikannya cukup banyak. Selain ikan, juga ada bulus namun jarang terlihat. Selain itu pada satu atau dua hari sebelum ramadhan, penduduk setempat juga memandaafkan sungai ini untuk Padusan. Padusan berarti mandi ramai-ramai sebelum puasa ramadhan tiba. Oleh karena itu pengunjung yang berkunjung saat Padusan akan memadati kawasan karena pengunjungnya sendiri tidak hanya dari warga setemapt namun juga dari luar dusun.

Fasilitas Ndas Gending

Fasilitas yang ada di Ndas Gending ini sudah beragam. Mulai dari Mushola, tempat parkir, mushola, ayunan untuk anak-anak, kamar mandi, tempat mandi, dan juga pemandian untuk ternak.

Kelebihan dari Ndas Gending ini adalah airnya yang jernih, tenang dan mengalir layaknya kolam alir. Selain itu ada banyak mata air alias ‘tuk’ yang tidak pernah kering. Lokasinya terkelola.

Agar tetap terjaga kenyamanan dari fasilitasnya, pengunjung ada baiknya untuk juga turut menjaga kawasan agar tidak melakukan vandalisme, selain itu guna tetap menjaga kebersihan lingkungan ada baiknya untuk tetap menjaga kawasan agar tidak membuang sampah sembarangan.

Source wisata magelang
Comments
Loading...