Wisata Sungai, Gua, serta Air Terjun di Green Canyon Majalengka

0 201

Green Canyon Majalengka

Green Canyon merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Desa Sukadana Kecamatan Argapura, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.  Ini ini lebih mirip dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran yakni jurang batu yang sangat besar dan panjang kurang lebih 1 kilometer yang dibawahnya mengalir air yang sangat jernih yakni aliran Sungai Cilongkrang.

Green Canyon ini punya keunikan yaitu selain batu-batu yang mengapit sisi jurangnya berwarna hijau. Awalnya ada air terjun yang dinamakan air terjun Pelangi. Nama ini muncul karena bila terkena sinar matahari tampak ada pelangi yang terbentuk dari kepulan air terjun. Selain itu yang unik dari green canyon Majalengka ini adalah suhunya sangat dingin, dua tebing yang mengapit sungai Cilongkrang yang ketinggiannya mencapai lebih dari 20 meteran serasa berada di gua besar, di bawah air sungai mengalir jernih dari wilayah hulu. Tebing batu yang berada di kanan kiri tersebut berwarna kehijauan dan bentuknya seolah diukir membentuk kotak-kotak kecil.

Akses Menuju Green Canyon Majalengka

Desa ini jaraknya sekitar 16 kilometer dari kota Majalengka. Yang punya kendaraan roda empat atau dua bisa langsung ke lokasi ini. Jika naik angkutan umum Elf turun saja di terminal Maja, kemudian  melanjutkan naik angkutan pedesaan ojek menuju arah Argalingga. Tarif Elf dari terminal Majalengka ke terminal Maja Rp. 3.000, sedangkan tarif angdes atau mobil bak pengangkut sayuran antara Rp. 3000-Rp. 5.000 sedangkan apabila naik ojeg akan diminta ongkos Rp. 5.000 – Rp. 10.000.

Rute Menuju Green Canyon Majalengka

  1. Rute komplit ke Gua Lalay/Green Canyon Majalengka yaitu seperti berikut :
    Majalengka Kota – Pasar Maja = 15 menit, dari pasar Maja, belok kiri ke arah Argalingga/Apuy
  2. Pasar Maja – Desa Sukadana (Sebelumnya Kecamatan Argalingga) = 15 menit, dari sini nanya saja ke warga setempat, soalnya belum ada panduan arah menuju Gua Lalay. Untuk parkir dapat di halaman tempat tinggal warga setempat. Jarak dari ruang parkir ke Gua Lalay dapat jalan kaki sekitaran 10 – 15 menit (2 km) lewat jalan setapak.
Source wisata wisatajember
Comments
Loading...