Wisata Sejarah Tugu Juang Sipin, Jambi

0 14

Tugu Juang Sipin

Tugu yang satu ini memang tidak se-tenar Monas di jakarta namun sejarah tetaplah menjadi sejarah yang mengisahkan pahitnya perjuangan jaman dulu dan indahnya mengenah dimasa kini. yang lebih dikenal dengan nama “Tugu Juang” jambi ini merupakan representasi dari masyarakat jambi bagaimana susahnya memperjuangkan negeri tercinta ini dari penjajah.

Yang tugu juang merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada dikota jambi dimana telah terjadi pertempuran demi mempertahankan salah satu wilayah nusantara (jambi) oleh para pejuang dari jambi melawan para penjajah belanda yang akan merebut wilayah jambi tepatnya pada tanggal 29 Desember 1949. walaupun saat itu dikatakan bahwa indonesia telah merdeka namun masih ada gejolak di daerah-daerah terpencil salah satunya di wilayah jambi.

Saat ini masyarakat kita bahkan seperti mengalami amnesia massal untuk sekedar mengingat bagaimana perjuangan para pembela negara ini. Tugu Juang yang merupakan salah satu monumen peninggalan jaman kemerdekaan dulu saat ini seperti sudah tidak terurus.  tentu kita semua berharap agar tetap bisa menghargai apapun yang menjadi sejarah terbentuknya negeri ini.

Kondisi Tugu Juang jambi ini mungkin bisa dibilang tidak ada yang memperhatikan. pemerintah jambi yang terkait hal ini harus lebih memperhatikan sejarah peninggalan yang ada di wilayah jambi. bagaimana agar bisa kembali terawat dan layak untuk dijadikan obyek kunjungan wisata bagi masyarakat jambi khususnya dan indonesia umumnya.

 Lokasi Tugu Juang Jambi 
Jl. Kol Abunjani, Sipin – Kota Jambi
(Saat ini lebih dikenal dengan nama Simpang Tugu Juang, Jika sekitar tugu biasanya tugu sudah untuk dilihat karena tertutup banyak dahan dari pepohonan)

Source http://berbagi2u.blogspot.com http://berbagi2u.blogspot.com/2015/08/tugu-juang-jambi-sejarah-perjuangan.html
Comments
Loading...