Wisata Sejarah Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri

0 480

Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri

Genuk Kemiri merupakan salah satu peninggalan sejarah yang terletak di wilayah Kemiri. Gunuk Kemiri terletak di Sarirejo, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59118.Di sanalah dalang kondang bernama Sapoyono danm Adipati Jaya Kusuma pemegang kekuasaan kadipaten pesantenan dimakamkan.Selain terdapat makam,di dukuh kemiri terdapat  pohon beringin yang dangat tua.Menurut penyelidikan,pohon beringin kemiri lebih tua dari pada pohon beringin alun – alun Yogyakarta maupun Surakarta.

Sejarah Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri

Konon cerita, pada jaman dulu Kabupaten Pati berasal dari Kadipaten Pesantenan yang mula-mula terdiri 3 Kadipaten yang dipimpin oleh Adipati Parang Garuda berada di Godo Winong Kidul, Adipati Carang Soko berada di Panggung Raya Wedarijaksa, Adipati Mojosemi. 

Dilihat dari besarnya batang beserta akar-akar tunjang dan saluran – salurannya, diperkirakan pohon beringin tua dikemiri hasil peninggalan Kadipaten Pasentenan yang sudah berumur antara 600-700 tahun tingginya kira-kira 30 m. Jarak 60 m dari pohon beringin kuno ini,juga terdapat peninggalan kuno berupa “Genuk” atau Gentong”, yang tarkenal dengan nama “Genuk Kemiri”. Genuk ini merupakan genuk perama rejeki seseorang menurut kepercayaan masyarakat banyak.Banyak sedikitnya rejeki bergantung banyak sedikitnya air dalam genuk,jadi hanya terserah pada yang menjenguk genuk,yang bisa membuktikan dan percaya atau tidak.

Akses Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri

Untuk mencapai ke objek wisata Genuk Kemiri, maka dapat ditempuh dengan berjalan kaki ataupun naik kendaraan bermotor, misalnya sepeda motor, mobil, dan truk. Untuk kendaraan berat (seperti bus, truk kontainer) tidak dapat masuk, karena letak Genuk Kemiri berada di dalam gang, yaitu di tengah-tengah permukiman penduduk yang cukup padat. Adapun, jalan di depan Genuk Kemiri telah beraspal (walaupun ga mulus-mulus amat) dengan lebar kira-kira 3-4 meter (jalan lingkungan).

Source wisata pati
Comments
Loading...