Wisata Sejarah Pelabuahan Sunda Kepala

0 8

Pelabuahan Sunda Kepala

Pelabuahan Sunda Kepala merupakan salah satu tempat wisata sandarnya kapal kapal di pelabuhan yang  berlokasi di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Pelabuhan ini dikenal sebagai salah satu tujuan tempat wisata yang ada ada di Kota Tua jakarta. Pelabuhan yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta ini konon sudah berdiri sejak abad ke-5, dan semapai sekarang pelabuhan ini masih berfungsi  sebagai pelauhan dagang Pelabuhan Sunda Kelapa juga merupakan sebuah situs bersejarah yang menjadi cikal-bakal adanya Kota Jakarta sekarang ini, dan memiliki catatan sejarah panjang yang cukup dikenal  dalam dan luar negeri.

Asal Mula Pelabuahan Sunda Kepala

Konon Pelabuhan yang dikenal sebagai dermaga bongkar muat kapal dagang ini pada abad ke-12 masuk ke dalam wilayah Kerjaan Sunda Pajajaran yang berpusat di daerah Bogor. Pada saat itu, elabuhan Sunda Kepala ini sudah dikenal seangat ramai dikeunjungi oleh kapal dagang dari berbagai wilayah Nusantara, seperti dar daerah Pelembang, Makasar, dan Malaka, serta kapal dagang dari luar negeri seperti Cina, Timur Tengah, Jepang dan India Selatan. Jadi tidaklah heran bila kita mengunjungi kawsasan pelabuhan ini sampai dengan hari ini masih terjadi bongkar muat barang dan dijakan salah satu pintu masuk perdagangan antar pulau ke pusat Ibu Kota Jakarta.

Sejarah Pelabuahan Sunda Kepala

Walau pada zaman sekarang ini aktifitas kegiatan yang ada di kawasan daerah Pelabuhan Sunda Kelapa ini tidak seramai jaman kejayaannya. Namun, kita dapat menyaksikan kesibukan kapal pinisi yang membawa komditi perdagangan yang membawa barang hilir mudik di pelabuhan dari berbagai daerah Indonesia. Jajaran kapal kayu pinisi yang ditembatkan sepanjang kanal dengan warna-warni dan keunikan tersendiri dari setiap model dan jenis kapal ini, menjadi salah satu destinasi wisata Jakarta yang menarik untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin mendapatkan sebuah momen-momen indah melalui lensa kamera mereka. Kisi-kisi kapal kayu pinisi maupun celah parkiran kapal akan memberikan nuansa pemandangan view cantik melalui bidikan-bidikan kamera yang bisa dimainkan di area lokasi ini.

Rute Menuju Pelabuahan Sunda Kepala

Jalan menuju Pelabuahn Sunda Kelapa dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua hinga bus. Bagi yang menggunakan angkutan umum kita dapat menggunakan angkutan mikrolet 015 dengan jurusan Kota – Yanjung Priok dari Stasiun Kota Beos, lalu turun di depan pintu gerbang Pelabuhan Sunda Kelapa. Atau kita dapat menggunakan jalur akses jalan melalui petunjuk jalan ke arah Pelapuhan Sunda Kelapa yang ada di dalam peta. Wisata Di Plelabuan Suda Kelapa, Jakarta merupakan pengalaman yang memberikan sebuah arti penuh warna akan sebuah catatan sejarah dan perjalanan ekonomi dengan segala aktifitas ekonomi yang ada di Utara Kota Jakarta. Semoga dapat memberikan sebuah pengalaman perjalanan wisata dengan destinasi menarik di Kota Jakarta.

Source https://direktori-wisata.com https://direktori-wisata.com/wisata-di-pelabuhan-sunda-kelapa/
Comments
Loading...