Wisata Sejarah Patung Gajah Indra Batang Jateng

0 151

Patung Gajah Indra

Batu Gajah atau Patung Gajah Indra merupakan salah satu wisata sejarah peninggalan purbakala yang terdapat di Desa Brokoh yang tepatnya +  200 m di tepian aliran sungai kupang tersebut berukuran 90 x 60 cm dan ketebalan 30 cmPada satu sisinya terdapat relief manusia berjongkok dibawah badan gajah yang berdiri,disisi lainnya terdapat relief anak kecil dan tangan orang dewasa seolah meletakan anaknya dipunggung gajah,namun yang patut disayangkan bentuk arca tersebut sudah tidak lengkap lagi karena bagian belailainya telah patah dirusak oleh orang tidak bertanggung jawab.

Lokasi Patung Gajah Indra

Patung Gajah Indra ini brada di Desa Brokoh Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jateng, yang tepatnya +  200 m di tepian aliran sungai kupang tersebut berukuran 90 x 60 cm dan ketebalan 30 cm.

Sejarah Patung Gajah Indra

Gajah Indra, “Batu Gajah” merupakan peninggalan purbakala, terdapat di Desa Brokoh Kecamatan Wonotunggal. Batu Gajah atau patung “Gajah Indra” ini terletak di tepian sungai Kupang berukuran 90 x 60 cm dan ketebalan 30 cm. Pada satu sisinya terdapat relief manusia berjongkok dibawah badan gajah yang berdiri, di sisi lainnya terdapat relief anak kecil dan tangan orang dewasa seolah meletakkan anaknya dipunggung gajah. Yang unik dari peninggalan ini adalah kelangkaan patung tersebut, didunia hanya ada dua buah, yang satunya lagi berada di India. Disekitar situs tersebut ditemukan pula arca lainnya yang banyak tercecer diareal persawahan penduduk.

Akses Menuju Patung Gajah Indra

Akses jalan yang ada menuju situs tersebut dari jalan desa menuju lokasi + 300 m belum permanen perlu adanya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Batang khususnya Dinas Pariwisata agar kedepan diharapkan akan  menjadi salah satu tempat tujuan wisata situs purbakala di Kabupaten Batang dan bahan penelitian.

Source wisata protalbatang
Comments
Loading...