Wisata Sejarah Museum Seni Rupa dan Keramik di Jakarta

0 128

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik merupakan salah satu wisata sejarah yang ada pula museum Seni Rupa dan Keramik di Kota Tua yang menempati gedung bekas pengadilan Hindia Belanda. Lokasinya ada di Jalan Pos Kota No 2, Kotamadya Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta. Bangunan ini juga pernah digunakan sebagai kantor Walikota Jakarta Barat pada tahun 1967-1973 yang selanjutnya diresmikan sebagai Balai Seni Rupa Jakarta. 

Baru pada sekitar tahun 1990, tempat ini resmi menjadi Museum Seni Rupa dan Keramik. Tanggung jawab dan perawatan museum kini dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan permuseuman DKI Jakarta. Koleksi yang tersedia di museum ini, di antaranya adalah 350 lukisan dan 1.350 jenis keramik. Koleksi yang ada, datang dari berbagai negara, seperti dari daerah Asia dan Eropa. Salah satu koleksi berharga yang ada di museum ini adalah keramik peninggalan Kerajaan Majapahit. Selain itu, ada pula koleksi lukisan dari para seniman asli Indonesia.

Harga tiket masuk di museum ini yaitu Rp2.000 untuk dewasa, Rp1.000 untuk Mahasiswa, dan Rp600 untuk anak-anak. Museum tutup pada hari Senin dan libur nasional.

Source https://www.traveloka.com https://www.traveloka.com/activities/indonesia/city/west-jakarta-103066
Comments
Loading...