Wisata Sejarah Museum Rumah Sejarah Kalijati Subang

0 177

Museum Rumah Sejarah Kalijati

Museum Rumah Sejarah Kalijati pada awalnya merupakan rumah dinas biasa yang dibangun tahun 1917 untuk tempat tinggal Perwira Staf dari Sekolah Penerbang Hindia Belanda di PU Kalijati. Guna mengenangnya sebagai tempat bersejarah atas inisiatif Komandan Lanud Kalijati saat itu, Letkol Pnb Ali BZE maka pada tanggal 21 Juli 1986 diresmikan sebagai sebuah museum dengan nama “Museum Rumah Sejarah”. Dengan demikian generasi penerus Bangsa Indonesia akan mengetahui tempat tersebut sebagai salah satu tempat bersejarah saat penyerahan kekuasaan penjajahan Belanda kepada Jepang.

Museum Rumah Sejarah Kalijati merupakan saksi bisu atas peristiwa perpindahan kekuasaan Indonesia dari Belanda kepada Jepang. Para wisatawan kini berdatangan ke tempat itu untuk mengenang detik detik penyerahan daerah jajahan Indonesia dari tangan Belanda ke tangan Jepang.

Kira-kira 70 Tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 8/3/1942 kekuasaan Belanda yang telah menguasai Nusantara selama kurang lebih 3 setengah abad berakhir begitu saja di sebuah rumah kecil yang terletak di wilayah Desa Kalijati Barat. Lokasi Rumah Sejarah Kalijati ini terletak di Kompleks Garuda E25 Lanud Suryadarma, Desa Kalijati Barat, Kecamatan Kalijati, Jawa Barat.

Source Jalan Wisata urusandunia
Comments
Loading...