Wisata Sejarah Museum Purbakala Patiayam Kudus Jawa Tengah

0 210

Museum Purbakala Situs Patiayam

Museum ini merupakan salah atu wisata sejarah yang berada di kudus. Museum ini  menyimpan berbagai peninggalan purbakala yang ditemukan di sekitar pegungungan Patiayam. Museum ini berada tidak jauh dari lokasi situs Patiayam dimana fosil-fosil purbakala ditemukan untuk pertama kalinya. Peninggalan purbakala yang menjadi primadona di museum ini adalah fosil gajah purba atau Stegodon Trigonocephalus.Begitu masuk bangunan museum yang tampak megah tersebut, kita akan langsung disuguhi fosil-fosil dari bagian tubuh si gajah purba tersebut. Menempati etalase utama di lantai satu, yaitu empat buah gading dengan panjang sekitar 2-3 meter, dua buah tulang paha, tulang rahang, dan tulang pinggul.

Petugas melakukan pengecekan koleksi museum Purbakala Situs Pati Ayam

Stegodon adalah nama ilmiah dari ancient elephant atau gajah purba dari famili Stegodontidae yang kini telah punah. Stegodon Trigonocephalus sendiri diperkirakan hidup pada masa Pliosen dan Plestosen sekitar satu hingga satu setengah juta tahun yang lalu. Stegodon ini ukurannya relatif besar, bisa mencapai 3 meter dan memiliki gading yang melengkung. Di museum ini juga terdapat replika perkiraan rekonstruksi si gajah purba tersebut.

Lokasi Museum Purbakala Situs Patiayam

Museum yang aku kunjungi bulan ini adalah Museum Purbakala Situs Patiayam Kudus. Museum ini berada di Jalan Raya Kudus-Pati, tepatnya di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

Koleksi Museum Purbakala Situs Patiayam

Dan koleksi di Museum Purbakala Patiayam ini terbilang lengkap. Mulai dari fosil manusia purba, fauna intervabrata, fauna vertebrata semuanya ada disini. Kita dapat melihat gading gajah purba, gigi geraham Homo Erectus, dll. Sang primadona di situs patiayam ini adalah Stegodon Trigonochepalus atau yang disebut gajah purba.

Organ tubuhnya banyak ditemukan di Pegunungan Situs Patiayam hidup di Patiayam pada kala Plestosen yaitu antara 700.000 s/d 1,5 juta tahun yang lalu tinggi tubuh Stegodon trigonocephalus bisa mencapai 3 meter lebih kini binatang tersebut di dunia telah punah tanpa ada jenis keturunannya.

Source wisata kudus
Comments
Loading...