Wisata Sejarah Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang

0 229

Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun merupakan salah satu wisata museum yang terletak Jl. Prabu Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Sumedang Selatan, Regol Wetan, Sumedang Sel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45355 Musium ini berjarak 50 meter dari alun-alun Sumedang.

Jika kamu menyukai sejarah dan suka belajar sejarah maka kamu harus mengunjungi wisata sejarah satu ini. Museum Prabu Geusan Ulun, Memahami Sejarah Sumedang. Pada awalnya musium ini bukan bernama Museum Prabu Geusan Ulun namun Museum Yayasan Pangeran (YPS).Karena adanya sesuatu dan usulan dari beberapa pihak, nama museum ini diganti menjadi Museum Prabu Geusan Ulun.

Museum ini mempunyai 6 ruangan utama yang terdiri dari Bumi Kaler, Gedung Srimanganti ,Gedung Gendeng, Gedung Gamelan, Gedung Pusaka dan Gedung Kereta. Konon katannya gedung Museum ini adalah rumah dari para bupati. Namun karena perekembangan zaman. Gedung ini dijadikan Museum yang berisi benda-benda bersejarah Sumedang. Enam ruangan utama yang berada di Museum ini memiliki ciri khas masing-masing. Pertama Gedung Gamelan, sesuai namanya gedung ini berisi kumpulan gamelan bersejarah. Kedua Gedung Pusaka, gedung ini berisi pusaka-pusaka Kota Sumedang. Yang ketiga adalah Gedung Srimanganti, gedung ini khusus berisi barang-barang Bupati terdahulu.

Akses Menuju Museum Prabu Geusan Ulun

Museum ini berada ditengah Kota Sumedang dan dekat dengan Alun-Alun kota Sumedang. Untuk sampai ditempat ini kamu tidak perlu takut nyasar. Jika kamu menaiki Pesawat maka dari Bandara kamu bisa langsung naik taksi dan bilang ke Museum Prabu Geusan Ulun. Jika kamu naik mobil arah mana saja kamu bisa mencari Alun-alun kota Sumedang. Banyak plank-plank penunjuk jalan yang mengarahkan ke Alun-Alun Kota Sumedang. Jadi akan mudah kamu menemukannya.

Harga Tiket Museum Prabu Geusan Ulun

Harga Tiket Masuk Museum Prabu Geusan berbeda-beda sesuai umur. Untuk dewasa dikenakan tarif sebesar Rp 3000, untuk anak-anak Rp 2000, dan untuk wisatawan asing Rp 10000 saja. Harga tiket ini cukup murah. Museum ini buka pada jam 08.00 WIB – 16.00 WIB dan buka setiap hari senin sampai kamis dan sabtu.

Source Jalan Wisata vebma.com
Comments
Loading...