Wisata Sejarah Museum Monumen Jogja Kembali Sleman

0 184

Museum Monumen Jogja Kembali

Museum Monumen Jogja Kembali merupakan salah satu wisata sejarah museum penghormatan kepada pahlawan – pahlawan yang merebut kembali kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan Penjajah Belanda. Tgl 1 Maret 1949 pasukan TNI yang dipimpin oleh Letkol Soeharto atas persetujuan Sri Sultan Hamengkubuwono IX melakukan serangan dadakan ke markas Belanda di Pusat Kota Yogyakarta.

Gambar terkait

Dalam hitungan 6 jam yang dimulai Pkl. 12.00 hingga 18.00 pasukan TNI berhasil membuat pasukan Belanda mundur. Dan akhirnya Yogyakarta berhasil diduduki kembali dari tangan penjajah. Berita ini kemudian disebar keseluruh Indonesia dan juga Dunia hingga Dewan PBB. Hal ini merupakan keberhasilan Indonesia yang berhasil mempertahankan Kemerdekaan yang sudah di proklamirkan Soekarno – Hatta. Kemenangan ini akhirnya membuat Dewan PBB memaksa untuk mengadakan perundingan 3 Negara. Dan akhirnya dari perundingan tersebut, 27 desember 1949 Belanda menyerahkan  sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia.

Koleksi Museum Monumen Jogja Kembali

Pada lantai dasar terdapat beberapa benda bukti sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah dan juga beberapa benda klasik yang cukup unik seperti telpon jaman dulu, mesin ketik, beragam senjata dan masih banyak lagi.

Gambar terkait

Lantai kedua, terdapat beberapa diorama atau patung sebuah patung lengkap dengan background dan pakaianya menggambarkan perjuangan ketika pada zaman penjajahan Belanda yang mengkhianati perjanjian Reville dan membuat pemerintah marah dan terjadi pertumpahan darah, selain itu di lantai dua ini terdapat lukisan dinding yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia pada waktu itu dengan 2 Dimensi.

Lantai ke tiga, pada ruangan ini dikhususkan ruangan untuk mendoakan para pahlawan yang telah berjuang dan gugur, tempat ini dinamakan sebagai tempat Garbha Graha, pada bagian tengah ruangan ini terdapat bendera merah putih berkibar yang melambangkan kemerdekaan Indonesia yang di belakangnya terdapat lukisan tulisan Mantan Presiden ke 2 RI yaitu Alm. Pak Suharto.

Akses Menuju Museum Monumen Jogja Kembali

Museum Monumen Jogja Kembali ini berada Jalan Ring Road Utara, Sari Harjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581, Jika anda akan mengunjungi Monumen Jogja Kembali terlebih dari luar kota, ambil titik awal dari pusat kota Yogyakarta. Untuk dapat menentukan arah, tanyakan menuju jalan Ring Road ke arah utara jika dari Malioboro, jaraknya kira-kira 8 Km yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau anda dapat menyewa kendaraan dengan syarat yang cukup mudah dan tidak ribet. Jika anda berada di Tugu Jogja, anda bisa menuju ke arah Utara. Lurus terus saja, hingga Lampu Merah ke-3 anda akan menemui perempatan Ringroad Monjali. Anda bisa memarkir mobil setelah perempatan persis di sebelah kiri jalan.

Hasil gambar untuk museumjogja kembali

Harga Tiket Masuk Museum Monumen Jogja Kembali

Harga tiket untuk semua kalangan baik anak – anak maupun dewasa = Rp. 7,500/orang Untuk membawa kamera DSLR sendiri dikenakan biaya Rp. 1,000, Jam Buka Museum Monjali Selasa-Jumat buka pukul 08.00 s/d 16.00, Sabtu-Minggu Buka pukul 08.00 s/d 16.30 Hari Senin Libur. Museum Monumen Jogja Kembali atau Monjali sangat penting untuk generasi kita selanjutnya, bahwa perjuangan untuk merebut kemerdekaan sangatlah tidak mudah. Butuh perjuangan dan juga pengorbanan. Hal ini dapat anda jadikan obyek wisata sejarah untuk anak – anak anda. Bermain sekaligus mengenal sejarah Bangsa Indonesia.

Source http://sewamotordijogja.com http://sewamotordijogja.com/monumen-jogja-kembali/
Comments
Loading...