Wisata Sejarah Museum Konferensi Asia Afrika Bandung

0 125

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang berada di Bandung, Museum ini Memiliki sejarah yang sangat menentukan perjalanan dunia di tengah kecamuk perang dingin antara Amerika dan Uni Soviet, museum konferensi Asia Afrika seolah menjadi saksi hidup bagaimana Indonesia pada zamannya memegang peranan yang sangat penting di dalam kancah politik Internasional pada waktu itu,dan Kota Bandung sebagai ibu kota dan sumber inspirasi bagi bangsa-bangsa Asia Afrika waktu itu.

Gambar Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika yang merupakan bagian dari Gedung Merdeka berada,adalah salah satu bangunan bersejarah yang diarsiteki oleh 2 orang Belanda,yaitu Van Galenlast dan C.O Wolf Shoomaker yang menjadi guru besar di Technische Hogeschool/ Sekolah Teknik Tinggi yang dikenal ITB sekarang. Tempat Wisata Sejarah Di Bandung ini memiliki konsep bangunan Art Deco dengan bahan lantai dasaar dari marmer yang sengaja didatangkan langsung dari negeri Italia yang terkenal super dan sangat mengkilap dari warnanya. Sementara ruangannya terbuat dari kayu Cikenhout yang terkenal kuat dan penerangannya menggunakan Lampu Kristal bias yang memberikan cahaya gemerlap. Museum Konferesnsi Asia Afrika sendiri pada masa penjajahan Belanda dikenal dengan nama Sociteit Concordia,yang bagi kalangan orang-orang Belanda yang berdomisili di Bandung waktu itu adalah sebagai tempat rekreas,dan sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni budaya serta tempat wisata makan.

Lokasi Museum Konferensi Asia Afrika

Gedung Merdeka yang memiliki 2 bangunan utama seluas 7500 m2,yaitu tempat sidang utama disebut Gedung Merdeka, sedangkan disampingnya adalah museum konferensi Asia Afrika sebagai memorabilia KAA berlokasi atau beralamat di Jalan Asia Afrika No 65 Bandung – Jawa Barat Indonesia.

Rute Menuju Museum Konferensi Asia Afrika

Dari Terminal Bus Cicaheum: Naik bus kota jurusan Cicaheum-Leuwi Panjang. Turun di Halte Bus Asia-Afrika. Jalan kaki sejauh kurang lebih 100 meter ke barat menuju Alun-alun Bandung. Dari Terminal Bus Leuwi Panjang: Naik bus kota jurusan Cicaheum-Leuwi Panjang. Turun di Halte Bus Alun-alun Bandung. Jalan kaki sejauh sekitar 100 meter ke timur menuju Jalan Braga. Dari Stasiun Kereta Api Kebon Kawung Bandung: Naik angkutan kota jurusan St. Hall-Gedebage. Turun di perempatan Jalan Braga-Naripan. Jalan kaki ke arah selatan sejauh kurang lebih seratus meter menuju Jalan Braga.

Source Jalan Wisata wisatabandung
Comments
Loading...