Wisata Sejarah Museum Kereta Loco Antik Tegal Jawa Tengah

0 296

Museum Kereta Loco Antik 

Loco Antik merupakan salah satu wisata museum yang berada di Tegal, Loco Antik ini mungkin yang ada di benak kita adalah sebuah museum kereta api yang memajang sebuah kepala kereta api yang sudah berusia tua yang teronggok begitu saja. Eitss, jangan salah, Loco Antik yang dimiliki PG Pangka ini kondisinya masih tetap terawat dan masih sering digunakan pada acara – acara tertentu lho. Sebut saja, acara Metikan, event-event wisata di PG Pangka, dan bisa disewa juga oleh wisatawan.

Agrowisata yang menjadi salah satu andalan PG Pangka ini menjadi salah satu penyumbang terbesar setelah event Metikan yang rutin diadakan PG Pangka. Loco Antik ini dibuat sekitar tahun 1927 dengan menggunakan tenaga diesel. Meskipun usianya yang sudah cukup tua. Loco ini sanggup menarik 3 gerbong wisata atau sekitar 100 penumpang lho (75 orang penumpang dewaqsa atau 100 penumpang anak-anak). Gerbongnya sendiri terlihat seperti baru dengan kursi penumpang 2 – 1 yang posisi tempat duduknya saling berhadapan. Setiap sisi terdapat sebuah jendela besar yang tidak tertutup dengan kaca, sehingga kita bisa menikmati pemandangan di luar secara langsung.

Pada momen seperti Metikan dan momen khusus, Loco Antik ini akan membawa penumpangnya berputar –putar kebun tebu dan sekitaran pabrik gula sekitar 15 menit lamanya. Cocok bagi putra-putri kita yang ingin belajar mengenai produksi gula dan keindahan alam Tegal. Namun jika Loco Antik tersebut disewa khusus, rute yang dilalui akan menjadi lebih panjang, yaitu hingga sekitaran Waduk Cacaban. Namun tentu saja harus merogoh kocek yang lebih dalam tentunya.

Rute tempuh kereta: kurang lebih 500m sekeliling area depan Pabrik berbatasan dengan kebun tebu dan pusat pengumpulan kereta pengangkut tebu. Ada rencana untuk membuat rute melewati desa dan perkebunan tebu sampai ke Waduk cacaban sejauh 10km, tetapi belum terealisasi sampai saat ini.

Source wisata kaskus
Comments
Loading...