Wisata Sejarah Museum Gunarsa, Klungkung

0 48

Museum Gunarsa

Museum Gunarsa letaknya sebelah Brat kota Semarapura, di simpang Jalan Banda – Takmug, Dusun Banda, Kec. Banjarangkan, Klungkung. Arsitektur bangunan museum bergaya Bali modern. Museum Nyoman Gunarsa di Klungkung ini didirikan pada tahun 1990 oleh pemiliknya yaitu Drs. Nyoman Gunarsa dan diresmikan pada tahun 1994 oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan kala itu yaitu Bapak Wardiman Djoyonegoro, keberadaanya memang cukup anyar dibandingkan sejumlah museum seni lainnya, tetapi memberikan nafas baru dalam perkembangan sejarah museum seni di Bali.

Bangunan museum yang dibangun dengan gaya Bali modern ini terdiri dari bangunan 3 lantai, dua lantai pada banunan ini diperuntukkan untuk memajang hasil karya seni lukisan, koleksi barang antik dan patung. Tempat lukisan juga dibagi dua yaitu khusus untuk lukisan klasik dan lukisan modern. Kemudian satu lantai lagi diperuntukkan untuk ruang pameran, seperti untuk seniman mancanegara ataupun lokal yang ingin menggelar acara pameran lukisan.

Koleksi lukisan klasik yang dimiliki oleh Museum Gunarsa, mulai dari jaman terakhir, baru dan juga koleksi hasil karya Nyoman Gunarsa sendiri. Pemiliknya sendiri adalah seorang pelukis populer di Bali yang mengusung tema cerita rakyat Bali dan legenda di agama Hindu diantaranya tarian rakyat, kesenian Bali, upacara keagamaan, musik tradisional dan juga bertemakan alam Bali, memulai karyanya dengan gaya melukis abstrak ekspresionis, sehingga dihasilkan seni lukis klasik yang memperkaya karya seni Bali di kancah seni nasional dan internasional.

Berkunjung ke berbagai museum seni di Bali dalam perjalanan tour anda akan memberikan sebuah pengalaman menarik, apalagi apa yang disuguhkan oleh di Museum Gunarsa ini cukup lengkap setidaknya ada sekitar 250 lukisan terpajang dengan baik, termasuk juga hasil karya seni patung dan sejumlah barang antik juga bisa anda temukan. Objek wisata museum ini buka setiap hari kecuali Senin, mulai pukul 09.00 – 17.00 wita.

Source http://www.balitoursclub.net http://www.balitoursclub.net/museum-gunarsa/
Comments
Loading...