Wisata Sejarah Museum Galeri Nasional Jakarta

0 13

Museum Galeri Nasional

Museum Galeri Nasional menyajikan pameran karya seni anak bangsa yang keren-keren banget. Terdapat dua jenis pameran di museum ini, yaitu pameran tetap dan kontemporer. Untuk pameran tetap karya seni akan ditampilkan seterusnya di Galnas, sedangkan pameran temporer, temanya akan berganti-ganti. Ada pula agenda pameran yang hadir pada waktu-waktu tertentu untuk menambah semaraknya koleksi karya seni Galeri Nasional. Galeri Nasional tentu saja hanya menampilkan karya-karya esensial. Sejumlah lukisan karya Raden Saleh dan Basuki Abdullah terpampang di museum ini. Anda pun bisa mengabadikannya dalam foto, atau hanya untuk sekadar selfie.

Lokasi Museum Galeri Nasional

Galeri Nasional beralamat di Jl. Merdeka Timur No. 14, dekat dengan Masjid Istiqlal, Katedral Jakarta, dan Monas. Jika Anda berangkat dari Bandung mengendarai kereta, pemberhentian terakhir adalah di Stasiun Gambir, yang berada tepat di seberang galeri. Daerah tersebut juga dilewati oleh bus Transjakarta jurusan Pulo Gadung dan jurusan Pasar Senen. Jam kunjungan ke Galeri Nasional dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pada sore hari jam 16.00. Kecuali hari Senin dan libur nasional, Anda bisa mendatanginya tanpa membayar sepeser pun.

Koleksi Museum Galeri Nasional

Museum ini terdiri dari tiga gedung yaitu Gedung A, Gedung B, dan Gedung C. Tiap gedung berisi pameran yang menampilkan karya-seni yang antik dan autentik. Ketiga gedung tersebut dikhususkan untuk memajang karya seni rupa modern dan kontemporer.

Lukisan, patung, kria, grafis, fotografi, instalasi, seni media baru berbagai gaya, bisa kamu nikmati keindahannya. Sampai saat ini sih kira-kira ada 1.700 koleksi hasil karya seniman kebanggan Indonesia di Galnas. Nama-nama besar seperti Raden Saleh, Basoeki Abdullah, Hendra Gunawan, Affandi S. Sudjojono adalah sedikit dari deretan seniman yang karyanya dipajang di Galnas. Selain itu, banyak juga seniman mancanegara.

Ada tiga jenis pameran yang biasa diselenggarakan di Galnas: Pameran Tetap, Pameran Temporer, dan Pameran Keliling. Dengan adanya Galeri Nasional Indonesia ini, karya seniman tak hanya dapat dinikmati, namun juga dilstestarikan. Selain ruang pameran, di museum ini juga terdapat ruang seminar, perpusatakaan, dan laboratorium.

Source https://www.pegipegi.com https://www.pegipegi.com/travel/berburu-foto-cantik-di-museum-galeri-nasional/
Comments
Loading...