Wisata Sejarah Museum Batik Pekalongan Jateng

0 131

Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan terletak di Jalan Jetayu No.1 Pekalongan dan terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota. Museum Batik Pekalongan mempunyai koleksi batik yang cukup lengkap, mulai dari batik kuno jaman penjajahan Belanda dan Jepang sampai batik yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Museum Batik Pekalongan menempati sebuah gedung bekas balaikota yang mempunyai gaya art deco.

Museum ini didirikan pada 23 Mei 2006 dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada 12 Juli 2006. Terwujudnya Museum Batik di Kota Pekalongan sebagai wadah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia serta pusat informasi yang perlu dikembangkan, dibina dan dipelihara keberadaannya.

Lokasi Museum Batik Pekalongan

Lokasi Museum Batik Pekalongan berada di Jl. Jatayu No. 3 Kota Pekalongan tepatnya di kawasan budaya Jatayu Pekalongan.

Fasilitas museum Batik Pekalongan 

Fasilitas yang dimiliki museum batik pekalongan terdiri dari ruang koleksi batik, ruang perpustakaan, kedai batik, ruang workshop batik, ruang pertemuan, dan ruang konsultasi atau pelayanan hak kekayaan intelektual (HKI).

Koleksi Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan memiliki tiga ruang utamam dimana ruang utama digunakan sebagai tempat memamerkan koleksi aneka batik khas daerah pesisir jawa, seperti batik Cirebon, Pekalongan, Batang, dan juga Rembang. Alat dan bahan yang digunakan dalam proses membatik juga dipamerkan di ruangan ini, salah satu alat yang dipamerkan adalah canting.

Ruang pamer kedua diisi koleksi aneka batik yang disumbangkan oleh pejabat negeri antara lain seperti Batik sumbangan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya, Kristiani Herrawati, koleksi ini disumbangkan pada bulan Juli 2012, kemudian batik dari Wakil Presiden Budiono beserta istri, batik sumbangan dari Hatta Rajasa berserta istri, dan batik sumbangan Ainun Habibie.

Comments
Loading...