Warning: unlink(/tmp/c24a47605609d900a9c371d8a148529f-roR2yW.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Wisata Sejarah Monumen Kebulatan Tekad Karawang

0 128

Monumen Kebulatan Tekad

Monumen Kebulatan Tekad merupakan salah satu wisata sejarah sebuah Tugu Proklamasi Rengasdengklok di Karawang. Karawang adalah daerah yang ada di Jawa Barat yang memiliki sejuta wisata sejarah. Kota Karawang adalah kota wisata sejarah yang sangat menyejukan dan murah. Salah satu wisata tersebut adalah Monumen Kebulatan Tekad.

Keindahan Monumen Kebulatan Tekad

Monumen dimana ada sebuah peristiwa tentang kebulatan tekad dan keepakatan dari para tokoh indonesia untuk memproklamasikan NKRI. Monumen Kebulatan Tekad adalah monumen atau tugu yang dibangun dengan luas sekitar 1500 m2. Tugu ini bekas lokasi markas PETA yang ada di Kampung Bojong Tugu, Desa Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. Bentuk lahan monumen Monumen Kebulatan Tekad menyerupai bentuk segitiga.

Dimana sudut di bagian timur adalah jalan masuk ke area monumen. Sedangkan bagian depan jalan masuk jalan raya dari Karawang yang membentuk percabangan yang unik. Salah satu dari ruas jalan tersebut berada di utara area monumen agak menyerong. Ruas jalan lainnya berada pada persimpangan. Lingkungan sekitar Monumen Tugu Kebulatan Tekad adalah pedataran rendah. Monumen ini dibangun pada tahun 1950 danpada tahun 1984 dilakukan pemuggaran atau perbaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karawang.

Sejarah Monumen Kebulatan Tekad

Kelompok pemuda dari asrama Menteng Raya 31 gagal dan kedua kelompok pemuda lalu bergabung agar lebih kuat. Di Jakarta sendiri situasi mulai gawat dengan pemberontakan terhadap Jepang. Lalu, Soekarni, Dan Ton Singgih, dan perwira Dr. Soetjipto mengantar Bung Karno dan Bung Hatta ke Kecamatan Rengasdengklok. Di Rengasdengklok terjadi peristiwa pelucutan dan penawanan tentara Jepang oleh PETA dibawah perintah Dan Ton Umar Bachsan, Dan Ton Affan, dan Dan Ton Soeharjana.

Bung Karno dan Bung Hatta diselamatkan ke kompi PETA Soebeno. Kedua pemimpin melakukan dialog yang akhirnya mencapai keputusan bulat untuk segera memproklamasikan kemerdekaan RI. Bung Karno dan Bung Hatta kembali ke Jakarta didampingi Mr. Soebardjo untuk menjemputnya. Sehingga pada 17 Agustus 1945 diproklamasikanlah kemerdekaan Republik Indonesia yang bertepatan di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta.

Lokasi Monumen Kebulatan Tekad

Monumen Kebulatan Tekad ini berada di Kampung Bojong Tugu, Desa Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat Untuk masuk ke monumen ini Jam Buka Setiap Hari 24 Jam dan untuk Harga Tiket masuk Free Jika untu menuju ke Monumen Kebulatan Tekad ini dengan Jarak 15 Km dari jalan utama Karawang Akses Dengan Kereta antar daerah Turun di Stasiun Karawang dan menggunakan Bus sampai terminal Tanjung Pura.

Source Jalan Wisata lihat.co.id
Comments
Loading...