Wisata Sejarah Monumen 1000 Km Anyer Panarukan

0 166

Monumen 1000 Km Anyer Panarukan

Monumen 1000 Km Anyer Panarukan merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Situbondo Panarukan terletak di jalur pantura Situbondo ke Surabaya, kiri jalan sebelum jembatan Sibun atau tepatnya Desa Wringin Anom, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

Jaraknya hanya sekitar 6 km dari pusat kota Situbondo. Jadi bagi pengguna kendaraan yang melewati jalur ini pasti dapat dengan mudah menemukan lokasi Monumen 1000 km Anyer Panarukan. Monumen 1000 Km Anyer Panarukan menjadi penanda untuk mengenang sejarah pembangunan jalan raya di masa pemerintahan Gubernur Jendral Herman Williem Daendles.

Menurut beberapa sumber sejarah, pembangunan jalan sepanjang 1000 kilometer dari Anyer hingga ke Panarukan tersebut, memakan waktu selama satu tahun yaitu dari tahun 1807-1810 pada silam. Merupakan waktu yang singkat dengan capaian pembangunan jalan yang begitu panjang, hal ini tidak lepas dari kekejaman tangan besi Gubernur Jendral Daendles yang tak kenal ampun dalam mempekerjakan pribumi dalam pembangunan jalan ini.

Ribuan orang menjadi korban hingga meninggal dunia karena dipaksa dan diperlakukan tidak manusiawi dalam bekerja. Banyak diantaranya meninggal karena kelaparan, siksaan dan penyakit yang tidak terobati. Menilik keberadaan Monumen 1000 Km. Anyer Panarukan, menurut informasi yang saya dapat awalnya monumen ini merupakan Tugu Perjuangan, kemudian dirubah menjadi.

Tugu Udang dan terakhir seperti yang ada saat ini sebagai Monumen 1000 Km Anyer Panarukan. Bentuk monumen ini sendiri berupa taman yang dihiasi dengan delapan belas pilar berjajar. Pilar ini diberi warna yang berbeda, seperti terlihat di gambar. Posisi Monumen 1000 Km Anyer Panarukan yang berada di pantura, juga menawarkan daya tarik lain dari jalur jalan yang melintasinya.

Jika kita melewati jalur ini, maka akan mendapatkan keindahan panorama alam sepanjang perjalanan. Mulai dari gugusan bukit, hutan mangrove, hingga hamparan pantai yang memanjakan mata. Dan monumen sendiri tidak seberapa jauh dari Wisata pantai Pasir Putih di Situbondo. Dibeberapa tempat terdapat rest area yang lokasinya juga dipinggir pantai, jadi bisa istirahat sambil menikmati pemandangan.

Source http://wongcrewchild.blogspot.co.id http://wongcrewchild.blogspot.co.id/2016/09/monumen-1000-km-anyer-panarukan-di.html
Comments
Loading...