Wisata Sejarah Masjid Agung At Tin di Jakarta Timur

0 47

Masjid Agung At Tin

Masjid Agung At Tin jadi salah satu destinasi wisata religi di wilayah Jakarta Timur. Tepatnya di  Jl. Taman Mini I, Pinang Ranti, Makasar, RW.3, Pinang Ranti, Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13560. Di sana traveler muslim bisa beribadah, hingga mengagumi keindahan arsitekturnya. Masjid Agung At-Tin, salah satu masjid yang berada di area sekitar komplek wisata TMII. Masjid ini mulai dibangun pada Bulan April 1997, selesai pada tahun 1999. Luas tanah pada area Masjid At-Tin, seluas 70.000 meter persegi, dan dapat menampung jamaah sekitar kapasitas 9.000 orang.

At-Tin yang memiliki arti dalam bahasa arab adalah sejenis buah yang sangat manis, lezat, serta penuh gizi. Dalam Al-Qur’an At-Tin merupakan surah yang ke-95, dan merupakan wahyu ke-27, yang diterima Nabi Muhammad SAW. Dalam pembangunannya turut berkontribusi dan berjasa dalam pendirian masjid ini, berkat bantuan Yayasan Ibu Tien Soeharto yang merupakan yayasan milik anak keturunan Ibu Tien Soeharto.

Hj Fatimah Siti Hartinah Soeharto adalah nama lengkap dari Ibu Tien Soeharto. Merupakan istri dari Presiden republik Indonesia ke-2, Bapak Jend Besar TNI (Purn.) Soeharto. Arsitek masjid ini bernama Fauzan Noe’man dan Ahmad Noe’man. Fauzan Noe’man sendiri, anak keturunan dari Ahmad Noe’man. Fauzan Noe’man menempuh pendidikannya di salah satu sekolah di Amerika, sedangkan ayahnya Ahmad Noe’man menempuh pendidikan kuliahnya di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1948.

Agenda yang menarik dari Masjid Agung At-Tin di tahun ini (2016) ialah itikaf. Itikaf itu sendiri memiliki arti, menurut Asy-Asyafiiyyah (Ulama Syafii) adalah berdiam diri di masjid dengan melaksanakan amalan-amalan tertentu dengan niat karena Allah SWT. Itikaf di Masjid At-Tin, dilaksanakan pada setiap minggu terakhir, di setiap bulan. Adapun perubahan jadwal acara akan diumumkan oleh pihak pengelola masjid. Setelah acara itikaf selesai di bulan sebelumnya. Rangkaian acara itikaf di Masjid At-Tin, dimulai setelah sholat bada isya, dilanjutkan dengan ceramah keagamaan.

Setelah materi ceramah selesai disampaikan, peserta itikaf diberikan kesempatan untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Ada yang bertadarus membaca kitab suci Al-Quran, serta ada yang berzikir dan beristigfar mengingat dan memohon ampun kepada Allah SWT. Acara pun tidak hanya di situ, di pagi harinya. Sekitar jam 03.00 WIB, peserta itikaf di ajak mengerjakan sholat qiyamul lail. Sholat qiyamul lail ialah sholat yang dikerjakan pada waktu dengan shifat, kaifiyat dan rakaat tertentu.

Sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan Rasulnya. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Furqon: 63-64 artinya: “Dan hamba-hamba Allah yang maha penyayang (ialah) mereka yang berjalan di permukaan bumi ini dengan merendah diri, dan apabila orang-orang jahil mengajak mereka berbicara (dengan perkataan yang tidak sopan), mereka menjawab dengan perkataan yang sopan. Dan mereka itu apabila pada waktu malam hari bersujud dan berdiri (sholat), karena (ikhlas) kepada Tuhan mereka”.

Jadi, untuk traveler Muslim tunggu apa lagi? Ayo kita hadir di acara itikaf yang diselenggarakan Masjid Agung At-Tin TMII. Hanya sebulan sekali acaranya. Di sana kita bisa mendapatkan teman atau saudara dan ilmu baru, yang pastinya bermanfaat buat kehidupan kita. Serta kita bisa saling sharing pengalaman bahkan hobi, serta memupuk dan menambahkan kecintaan kita kepada Allah SWT dan Rasulnya.

Source https://travel.detik.com https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-3132244/wisata-religi-ke-masjid-agung-at-tin-di-komplek-tmii
Comments
Loading...