Wisata Sejarah Kota Lama Semarang

0 8

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang adalah salah satu wisata sejarah yang berada di Kota Semarang. Dan tentu saja ini menghadirkan keunikan tersendiri. Sebuah gradasi yang bisa dibilang jarang ada ketika dua generasi disatukan hingga menciptakan gradasi yang cantik sebenarnya. Pada dasarnya area Kota Lama Semarang atau yang sering disebut Outstadt atau Little Netherland mencakup setiap daerah di mana gedung-gedung yang dibangun sejak zaman Belanda. Namun seiring berjalannya waktu istilah kota lama sendiri terpusat untuk daerah dari sungai Mberok hingga menuju daerah Terboyo.

Secara umum karakter bangunan di wilayah ini mengikuti bangunan-bangunan di benua Eropa sekitar tahun 1700-an. Hal ini bisa dilihat dari detail bangunan yang khas dan ornamen-ornamen yang identik dengan gaya Eropa. Seperti ukuran pintu dan jendela yang luar biasa besar, penggunaan kaca-kaca berwarna, bentuk atap yang unik, sampai adanya ruang bawah tanah. Hal ini tentunya bisa dibilang wajar karena faktanya wilayah ini dibangun saat Belanda datang. Tentunya mereka membawa sebuah konsep dari negara asal mereka untuk dibangun di Semarang yang nota bene tempat baru mereka. Tentunya mereka berusaha untuk membuat kawasan ini feels like home bagi komunitas mereka.

Akses Menuju Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang masuk dalam wilayah Semarang Utara, bersebelahan dengan Pasar Johor dan Stasiun Tawang. Kalau kamu datang dari arah Demak, kamu bisa menuju kawasan Terminal Terboyo, menyusuri Jalan Raden Patah, kemudian masuk ke kawasan Kota Lama Semarang. Jika datang dari arah Ungaran bisa menyusuri rute Banyumanik – Peterongan – Jalan MT Haryono – Bundaran Mbubakan – Jalan Cenderawasih – Kota Lama Semarang. Sedangkan bagi kamu yang datang dari arah Barat bisa menyusuri Mangkang – Bundaran Kali Banteng – Bundaran Tugu Muda – Lawang Sewu – Jalan Pemuda – Pasar Johar – Kota Lama Semarang.

Jika kamu tidak membawa kendaraan sendiri kamu tak perlu khawatir, sebab ada banyak angkot yang melayani rute ke arah Pasar Johar dan Kota Lama Semarang. Bagi kamu yang berkunjung ke Semarang menggunakan kereta api, kamu bisa turun di Stasiun Tawang. Polder Tawang yang menjadi salah satu ikon Kota Lama Semarang berada tepat di depan pintu masuk stasiun dan kamu bisa mengakses Kota Lama Semarang dengan berjalan kaki.

Source https://semarangcityheritage.wordpress.com https://semarangcityheritage.wordpress.com/kota-lama/
Comments
Loading...