Wisata Sejarah Gua Loyang Putri Pukes, Aceh

0 47

Gua Putri Pukes

Gua Putri Pukes ini merupakan salah satu wisata sejarah yang lokasinya di Kota Takengon. Dari pusat kota sekitar 10-15 menit. Gua Loyang Pukes lebih tepatnya berada di Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh tengah. Gua Putri Pukes terletak di pinggir jalan raya, sehingga wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut mudah untuk mendapatkannya.
 
Gua ini selain berisi stalagtit, gua ini juga menyimpan batu yang konon adalah putri Aceh yang dikutuk. Begitu tiba di lokasi, setiap pengunjung langsung disambut dengan tulisan “Putri Pukes, Manusia Jadi Batu”. Tidak salah memang tulisan ini. Jika masuk ke dalam, pengunjung akan menemukan batu mirip manusia.
Di dalam gua, selain melihat batu kutukan, masih ada lagi hal lain yang bisa dilihat. Beberapa yang bisa dilihat adalah sumur besar, kendi yang sudah menjadi batu, tempat duduk untuk bertapa orang masa dahulu, alat pemotong zaman dahulu.Tak hanya itu, jika melihat lebih jeli, turis bisa melihat batu berbentuk Pulau Papua dan ikan.
Gua Putri Pukes merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Aceh tengah, secara fisiknya objek tersebut termasuk ke dalam objek wisata alam. Karena goa dan keadaan alam sekitarnya digolongkan kepada objek wisata alam. Kemudian kalau dikaji lagi secara mendalam tentang asal usul gua Putri Pukes sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bahwa objek wisata tersebut memiliki nilai budaya dan nilau moral serta memiliki sejarah secara cerita rakyat.
Source https://www.triptrus.com https://www.triptrus.com/destination/11/gua-loyang-putri-pukes
Comments
Loading...