Wisata Sejarah Goa Sengayau, Merangin Jambi

0 59

Goa Sengayau

Gua yang ada di Indonesia terbilang cukup banyak, nah bagi anda yang tertarik untuk menjadi cave explorer, Gua Sengayau bisa menjadi pilihan yang tepat. Gua yang merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat ini memiliki keunikan tersendiri berupa kompleks gua yang terdapat di dalamnya.

Kawasan Goa Sengayau diperkirakan memiliki puluhan gua, bahkan mencapai 100 gua yang belum seluruhnya berhasil di petakan. Baru sekitar 12 gua yang sudah berhasil dipetakan oleh Ekspedisi Mapala Siginjai Unja. Puluhan gua yang ada di dalamnya memiliki karakteristik serta keindahan berbeda.

Namun yang pasti, kawasan gua ini menyajikan alam yang lestari serta keindahan stalaktit, stalakmit serta ornamen bebatuan di dalamnya. Keunikan lainnya dari gua ini, di dalamnya terdapat meja dan kursi dari batu. Penelitian arkeologi menyebutkan gua ini pernah dihuni manusia pada abad 10 masehi.

Oleh karena keunikan dan keindahannya, kawasan gua ini cukup sering dikunjungi para pencinta wisata susur gua, bahkan ada yang mengatakan bahwa di sini adalah surganya wisata susur gua. Hal ini juga dikarenakan kompleks Goa Sengayau merupakan kawasan karst dengan perbukitan eksotis yang luasnya mencapai 10 ribu hektare.

Selain itu, destinasi ini juga memberikan tantangan tersendiri. Pasalnya Perjalanan menuju ke kawasan Goa Sengayau pun bisa dikatakan cukup memantang karena melewati medan terjal dengan kemiringan mencapai 35 derajat. Selama perjalanan, anda juga akan melewati hutan dengan vegetasi yang beragam.

Ketika memasuki kawasan gua, anda  akan menyaksikan keindahan gua-gua yang ada di kawasan Goa Sengayau ini, ada gua vertikal dan juga gua horizontal. Sebagian terbentuk dari rembesan kucuran dan tetesan air dari dinding dan bagian atas gua yang mengagumkan. Bahkan ada dinding gua akan menimbulkan suara-suara yang unik saat dipukul.

Source https://sportourism.id https://sportourism.id/jelajah/pesona-kawasan-goa-sengayau-unik-dan-indah
Comments
Loading...