Wisata Sejarah Goa Selarong di Bantul Yogyakarta

0 117

Goa Selarong

Goa Selarong ini merupakan salah satu kawasan wisata sejarah yang ada di Bantul, tepatnya di daerah Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Menurut sejarahnya, tempat ini dulunya merupakan tempat persembunyian Pangeran Diponegoro  sekaligus menjadi tempat untuk menyusun strategi  gerilya dalam perjuangannya melawan para penjajah Belanda.

 Di Goa Selarong ini terdapat 2 goa yang dinamai Goa Kakung dan Goa Putri. Kedua goa tersebut terletak di atas bukit yang cukup tinggi. Konon Goa Kakung dulunya ditempati oleh Pangeran Diponegoro, sedangkan Goa Putri di tempati oleh selir Pangeran Diponegoro yang bernama Raden Ayu Retnoningsih. Tidak seperti kawasan wisata goa pada umumnya, kedua goa tersebut tidak mempunyai terowongan yang panjang. Melainkan hanya sebuah goa kecil yang dulunya hanya digunakan sebagai tempat singgah.

Sebagai salah satu situs sejarah dan tempat wisata, kawasan Goa Selarong dibangun dengan rancangan dan berbagai fasilitas yang menarik bagi para pengunjung. Walaupun begitu keaslian dari bentuk terdahulunya masih ada dan tidak dihilangkan begitu saja. Sehingga selain bisa belajar sejarah, kita juga bisa sekaligus refreshing di sana.

Sesampainya kita di kawasan Goa Selarong, kita akan disambut oleh patung Pangeran Diponegoro dengan menggunakan kuda yang menjadi ciri khasnya. Kemudian kita harus menaiki tangga yang cukup tinggi untuk menuju goa. Kawasan Goa Selarong ini dibentuk menjadi beberapa lantai yang di lewati tangga tersebut. Setiap lantai di bagian bawah dibentuk menjadi taman untuk beristirahat dan juga wahana bermain bagi anak-anak.

Sedangkan  di lantai utama terdapat dua goa yang disebutkan di atas. Letak kedua goa tersebut berdampingan. Goa Kakung di sisi barat dan Goa Putri di sisi timur. Di lantai utama ini kita juga akan disuguhkan pemandangan yang indah dari tempat yang tinggi. Selain itu di kawasan Goa Selarong ini juga terdapat air terjun alami yang berada di sisi barat. Lantai utama ini juga menjadi tempat yang bagus untuk melihat air terjun tersebut.

Source http://setapakpesona.blogspot.co.id http://setapakpesona.blogspot.co.id/2016/02/learn-history-of-goa-selarong-bantul.html
Comments
Loading...