Wisata Sejarah Goa Rancang Kencono di Gunungkidul

0 129

Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono merupakan salah satu goa yang ditemukan di kawasan pegunungan karst Gunungkidul. Keberadaannya masih menyimpan banyak misteri karena banyak dugaan bahwa Goa Rancang Kencono pernah didiami manusia sejak ratusan tahun yang lalu bahkan ribuan tahun yang lalu. Hal ini diperkuat dengan keberadaan Situs Bleberan sebagai tempat penyimpanan benda-benda peninggalan zaman Megalitikum yang lokasinya tidak jauh dari goa tersebut. Goa ini diartikan sebagai tempat untuk melakukan perbuatan yang mulia-mulia, jelas pemandu yang mendapat sertifikat kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Indonesia Juni 2012 itu. Rancang Kencono memiliki strata yang sama dengan Gua Braholo (Rongkop). Maksudnya, tempat ini berusia ribuan tahun dan pernah ditemukan tulang belulang manusia purba.

Dahulu, goa ini sering digunakan sebagai tempat untuk bertapa. Sebuah bagian berukuran kecil, 3 m x 3 m inilah yang dipakai untuk memohon kepada yang maha kuasa. Begitu masuk ruang sempit itu, suasana mistis pun langsung merasuk kesalah satu Tim Gudegnet. Jika melihat dibagian atas dinding, terdapat sebuah lukisan Garuda Pancasila serta janji prasetya yang berjudul “Prasetya Bhinnekaku”. Tulisan ini ditulis oleh beberapa orang yang menentang pemberontak PKI puluhan tahun silam. Menurut Bambang, Ada 12 janji yang tertulis didinding tersebut yang intinya akan setia pada NKRI.

Lokasi Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono merupakan goa vertikal yang berada di pegunungan kapur Gunungkidul tepatnya di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Goa Rancang Kencono digunakan sejak zaman Megalitikum, zaman Kerajaan Mataram Islam, dan zaman perjuangan setelah kemerdekaan.

Harga Tiket Goa Rancang Kencono

Pengelola menjadikan retribusi goa ini menjadi satu paket dengan Air Terjun Sri Gethuk. Dengan biaya masuk sebesar Rp 5.000,- untuk tiap orangnya, pengunjung sudah bisa menikmati kedua objek wisata ini, bahkan biaya parkir pun gratis. Sesuatu yang jarang diberlakukan pada sebuah objek wisata.

Akses Menuju Goa Rancang Kencono

Setidaknya ada du jalur yang dapat dilalui wisatawan dari arah Yogyakarta yaitu : Jalur pertama : Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Pertigaan Gading – Playen – Bleberan, Jalur kedua : Yogyakarta – Imogiri – Panggang – Playen – Bleberan.

Source https://gudeg.net/direktori https://gudeg.net/direktori/4931/goa-rancang-kencono.html
Comments
Loading...