Wisata Sejarah Goa Pasir di Tulungagung Jawa Timur

0 165

Goa Pasir

Goa Pasir merupakan salah satu wisata sejarah Goa ini terletak di Dusun Pasir, Desa junjung, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur. dua gua pertapaan yang berisi banyak relief, patung Dwarapala, dan fragmen arca Ganesha, peninggalan Majapahit. Di sekitar lokasi ini terdapat sebuah makam kuno yang oleh warga setempat disebut dengan Makam Mbah Bodho.

Hasil gambar untuk Makam Mbah Bodho temanggung

Di depan makam kuno ini ada beberapa Arca, umpak, Miniatur bangunan, Padma dan batu-batu kuno yang sayang bentuknya banyak yang sudah tidak utuh. Berbeda dengan Gua pada umumnya yang memiliki banyak lorong yang saling berhubungan, di Gua pasir hanya memiliki Mulut gua yang mengarah ke timur laut dengan ukuran panjang 430 cm, lebar 190cm dan dalam ceruk 150 cm. Menurut sejarah, Gua ini adalah pertapaan yang digunakan.

Keunikan utama yang disuguhkan oleh Goa Pasir adalah keberadaan relief dan beberapa benda purbakala lainnya. Terdapat tiga relief di dalam goa, yaitu relief seorang raja dan wanita di bagian tengah sedangkan di bagian kiri dan kanan terdapat relief pria bersorban yang dikelilingi para wanita. Saat berkunjung ke situs purbakala ini sebaiknya pandai-pandai menjaga sikap dan tidak melakukan hal-hal yang dapat membahayakan diri sendiri. Mengingat di sekitar Goa Pasir ini juga terdapat makam yang sering disebut sebagai makan Mbah Bodho, sehingga anda juga perlu berhati-hati dalam berperilaku untuk menjaga agar tidak sampai dianggap kurang menghargai tempat leluhur oleh masyarakat sekitar. Selain keberadaan makan leluhur tersebut ada juga arca dan batu-batu kuno yang sayangnya bentuk serta ukurannya sudah tidak lagi utuh.

Source http://segalainfo.com http://segalainfo.com/goa-pasir/
Comments
Loading...