Wisata Sejarah Goa Luweng Jaran di Pacitan Jawa Timur

0 137

Goa Luweng Jaran

Goa Luweng Jaran merupakan goa terpanjang di Indonesia. Luweng Jaran terletak di desa Jlubang, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ditemukan pertama kali oleh penduduk setempat, kemudian di eksplorasi pertama kali oleh tim Ekspedisi Gabungan Anglo – Australian, yang didampingi oleh Penelusur Gua dari Indonesia pada tahun 1984.

Pada saat itu hasil pemetaan mencapai 11 km, kemudian ekspedisi dilanjutkan setiap 2 tahun sekali. Pada tahun 1992 kembali ekspedisi dapat menggabungkan Luweng Jaran dg Luweng Punung. Goa ini sampai saat ini belum dibuka untuk wisata umum, karena kondisi medan yang sangat berat. Hanya para ahli penelusur goa lengkap dengan peralatan memadai yang bisa mengplorasi goa ini.

Pintu masuk Gua Luweng Jaran berupa celah sempit di aliran sungai sehingga berbahaya jika dimasuki pada saat musim penghujan. Pintu masuknya vertikal berupa luweng (sumuran) setinggi 12 meter. Masuk lorong datar sedikit kemudian turun lagi sedalam 30 meteran baru horizontal. Dibutuhkan teknik dan peralatan khusus untuk masuk goa ini sehingga goa ini tidak dibuka untuk umum.
Untuk menhusuri Goa Luweng Jaran ini hanya diperuntukan untuk yang profesional saja, mengingat sulitnya medan, bagi anda yang belum profesional dalam hal pengetahuan terhadap kondisi alam disarankan untuk tidak mencoba menelusiri GOA Luweng jaran ini.
Akses menuju Gua Luweng Jaran melewati jalan-jalan perkampungan sehingga bagi yang belum pernah kesana harus lebih banyak bertanya pada warga setempat. Panduannya jika dari jalur bus Pacitan-Solo sampai pertigaan Pringkuku atau bisa juga dari pertigaan barat pasar Ngadirejan, masuk jalan jurusan Jlubang.
Ikuti jalan utama sampai bertemu pertigaan yang ada patung kuda. Ikuti jalan yang ada patung kudanya, nah mulai dari sini sering-seringlah bertanya pada penduduk lokal. Gua Luweng Jaran belum dikelola menjadi obyek wisata, sehingga tidak ada tarif masuknya. Hanya saja jika berminat menelusuri gua ini harus izin dulu ke instansi terkait.
Source http://www.kotapacitan.com http://www.kotapacitan.com/2016/03/goa-luweng-jaran-pacitan-goa-terpanjang.html
Comments
Loading...