Wisata Sejarah Goa Ceruk Mandale, Aceh

0 43

Goa Ceruk Mandale

Goa Ceruk Mandale adalah salah satu wisata sejarah yang berada Kabupaten Aceh Tengah  Kecamatan Kebayayakan Desa Mandale juga kondisinya kurang terlindungi dari pengaruh eksternal. Walaupun sudah ada pagar kawat di bagian kaki tebing yang berada di tepi jalan masuk, namun di bagian mulut gua hanya berpagar sekedarnya dari bambu. Selain itu juga tidak dipasangi jaring yang memadai untuk mecegah masuknya kelelawar dan burung serta menahan sampah-sampah daun kering agar tidak mengotori kotak gali dan replika yang ada di dalamnya.

Dari jalan kemukiman penduduk kampong Mandale, di Lokasi gua ceruk ini  ditemukan kerangka manusia purba saat penelitian dan penggalian Tim Balar (Balai arkeologi Medan) yang wilayah kerja Sumut dan Aceh. Gua ceruk ini dapat dipergunakan tempat orang berteduh dikala hujan. Dengan ditemukannya Kerangka manusia praserah di Gua Ceruk Mendale atau Loyang Ceruk Mandele dan Gua Ceruk Ujung Karang Kecamatan Lut Tawar daerah takengon semakin banyak dikenal masyarakat luas.

Kerangka manusia yang  ditemukan tersebut diperkirakan berusia 6500 tahun bahkan ada kerangka yang  sudah berusia 7400.  Dengan adannya Penemuan  ini  tampak dan muncul  gairah para pecinta sejarah untuk melacak asal-usul suku Gayo di Aceh tengah. Banyak orang yang ingin menjadikan penemuan ini sebagai bukti bahwa Gayo  adalah penduduk pertama yang menghuni Aceh.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbaceh/pemeliharaan-situs-loyang-mandale-aceh-tengah/
Comments
Loading...