Wisata Sejarah Gedung Juang 45 di Bekasi Jawa Barat

0 190

Gedung Juang 45

Gedung Juang 45 atau yang disebut juga dengan Gedung Tinggi ini bisa menjadi pilihan faforit bagi Anda yang menyukai wisata sejarah. Gedung Juang 45 ini berada di Jl. Sultan Hasanudin No.39, Setiadarma, Tambun Sel, Bekasi, Jawa Barat 17510, Tempat wisata di Bekasi ini menjadi saksi perjuangan rakyat Bekasi melawan penjajah. Di tempat ini pula banyak terjadi perundingan atas tukar tawanan antara pejuang dan penjajah.

Gedung ini dibangun dalam dua tahap yaitu pada tahun 1906 dan 1925. Arsitektur khas Eropa terlihat di gedung ini sama seperti peninggalan Belanda lainnya, yang paling terlihat adalah banyaknya tiang penyanggah berukuran besar dan bermotif bunga. Gedung Juang 45 sebenarnya merupakan salah satu dari lima unit bangunan di kompleks ini. Gedung utama ini terdiri dari dua lantai dengan empat kamar di lantai 1. Untuk menuju lantai 2, terdapat dua tangga.

Gedung Juang 45 tak sepenuhnya menjadi tempat wisata karena saat ini digunakan sebagai gedung perkantoran pemerintah kabupaten Bekasi. Meskipun demikian, Anda masih bisa berkunjung untuk melihat arsitektur Eropa kuno sekaligus mengenang masa perjuangan rakyat Bekasi. Sebelumnya, gedung ini juga telah berkali-kali beralih fungsi mulai dari gedung perkuliahan, markas TNI sampai dengan kantor legium veteran. Bangunan ini berdiri di atas tanah seluas 1.000 meter persegi dan berada sekitar 100 meter dari Stasiun Tambun, atau tepatnya di Jalan Sultan Hasanuddin 5, Tambun, Bekasi.

Source Jalan Wisata wikipedia
Comments
Loading...