Wisata Sejarah di Pintu Gerbang Majapahit Pati Jateng

0 185

Pintu Gerbang Majapahit Pati

Pintu Gerbang Majapahit di Pati adalah salah satu tempat wisata peninggalan warisan budaya Nusantara berupa pintu jati kuno yang dibuat pada masa kerajaan Majapahit berjaya. Melihat sejarah pintu gerbang majapahit di Pati, pintu gerbang kerajaan yang paling berjaya di Nusantara ini singgah di Kabupaten Pati pada masa walisongo, yakni sekitar abad 15 an.

Lokasi Pintu Gerbang Majapahit Pati

Lokasi Pintu Gerbang Majapahit di Pati terletak tidak jauh dari pusat kota Pati, yakni sekitar 4 km, tepatnya di Desa Rendole, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Sejarah Pintu Gerbang Majapahit Pati

Menurut sejarawan, Pintu Gerbang Majapahit ini awalnya diambil oleh putra sunan muria dari Trowulan (Dahulu Kerajaan Majapahit) untuk diserahkan kepada ayahnya. Belum sampai ke tangan ayahanda sunan muria, ditengah perjalanan Raden Bambang Kebo Nyabrang (Putra Sunan Muria) dihadang oleh Raden Ronggo yang merupakan murid sunan ngerang.

Raden Ronggo menginginkan pintu gerbang majapahit ini sebagai syarat utama untuk mempersunting putri sunan ngerang. Karena keduanya sama-sama berwatak keras dan sakti mandraguna, prahara perebutan gapuro mojopahit tak terelakkan. Pertempuran berlangsung selama 35 hari penuh dan tidak ada yang kalah. Hingga pada akhirnya gapuro mojopahit ini ditinggalkan di daerah yang saat ini menjadi Desa Rendole, Muktiharjo – Pati.

Akses Menuju Pintu Gerbang Majapahit Pati

Gapura Majapahit ini lokasinya tidak jauh dari pusat kota pati. Untuk mencapai ke tempat ini, wisatawan bisa menggunakan sepeda motor atau naik angkot jurusan Pati – Gembong. Setelah sampai ke perumahan rendole indah, mintalah kepada sang sopir untuk mengantarkan anda ke lokasi tujuan yaitu Gapuro Mojopahit. Sang pengemudi akan dengan senang hati mengantarkan anda ke tempat ini.

Source wisata pati
Comments
Loading...