Wisata Sejarah Candi Tebing Jukut Paku

0 20

Candi Tebing Jukut Paku

Candi Tebing Jukut Paku adalah wisata sejarah yang berada di Bali lokasi candi yang berada pada dinding terjal, sehingga jika anda ingin mengunjungi situs ini harus menuruni puluhan tangga. Di Candi Tebing Jukut Paku terdapat cerukan yang bagian tengahnya terdapat pahatan candi, diapit oleh cerukan yang diperkirakan sebagai tempat pertapaan, sekarang terdapat sumber mata air alam yang mengalir jernih. Kawasan sekitarnya sangat asri dan alami, pemandangan tebing dan lembah serta hijaunya pepohonan serta keberadaan sungai Pakerisan berpadu indah menawarkan ketenangan dan kenyamanan. Selain anda bisa menyaksikan situs bersejarah anda juga bisa refresh melepaskan kepenatan dan menjauhkan diri dari keramaian kota.

 

Belum ditemukan adanya sumber-sumber atau prasasti yang menyebutkan asal-usul atau sejarah dari keberadaan Candi Tebing Jukut Paku ini, namun dari bentuk candi yang berada di tempat ini, menyerupai candi tebing yang berada di Gunung Kawi sehingga diperkirakan dibuat pada masa kerajaan Anak Wungsu pada abad ke XI Masehi. Merupakan peninggalan benda cagar budaya ini disucikan oleh masyarakat setempat dan menjadi salah satu objek wisata di Bali yang bisa dikunjungi saat liburan di pulau Dewata.

Jadi berkunjung ke Bali anda bisa menikmati banyak hal, tidak hanya objek wisata alam pantai, pegunungan ataupun danau, tetapi juga sejumlah objek wisata yang merupakan peninggalan bersejarah dan ditetapkan menjadi cagar budaya berada di tempat-tempat unik dan spesial sehingga menyuguhkan pemandangan menarik, siap memberikan pengalaman berbeda saat perjalanan tour anda di Bali, seperti keberadaan Candi Tebing Jukut Paku bisa juga menjadi tujuan wisata edukasi.

Candi Tebing Jukut Paku terletak di desa Singakerta, Kec. Ubud, Kabupaten Gianyar Bali. Ubud memang memiliki berbagai tempat indah yang diunggulkan sebagai tujuan wisata, beberapa yang cukup populer di kawasan Ubud ini adalah keberadaan hutan kera atau monkey forest Ubud, Puri Saren Agung, Pura Saraswati, Bukit Campuhan serta berbagai museum dan galeri seni yang terdapat di kawasan seni. Sedangkan sejumlah peninggalan purbakala atau situs bersejarah yang letaknya berdekatan dengan situs Candi Tebing Jukut Paku adalah Goa Gajah, Gunung Kawi dan Arjuna Metapa.

Source http://www.balitoursclub.net http://www.balitoursclub.net/candi-tebing-jukut-paku/
Comments
Loading...