Wisata Sejarah Candi Cangkuang Garut Jawa Barat

0 192

Candi Cangkuang

Wisata Candi Cangkuang merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di kota Garut. Candi peninggalan masa Hindu ini terletak di kecamatan Leles dan mudah untuk di akses dari Ibu Kota Jawa Barat, Bandung. Kompleks wisata candi cangkuang terletak ditengah situ (danau kecil) Cangkuang. Selain itu terdapat juga kampung adat tradisional yaitu Kampung Pulo . Candi ini diperkirakan di bangun pada abad 8 M dan merupakan peninggalan budaya hindu di Jawa Barat.

Untuk mencapai candi ini, anda dapat menggunakan jasa penyeberangan rakit yang dapat menampung cukup banyak penumpang. Selain menikmati keindahan alam sekitar yang cukup asri, anda juga bisa berkunjung ke kampung adat pulo yang terletak persis di pinggir candi cangkuang. Anda juga dapat menemukan catatan sejarah pemugaran candi cangkuang dan benda-benda peninggalan zaman hindu dan islam di museum cangkuang.

Sejarah Candi Cangkuang

Nama Candi Cangkuang diambil dari nama desa tempat candi ini berada. Kata ‘Cangkuang’ sendiri adalah nama tanaman sejenis pandan (pandanus furcatus), yang banyak terdapat di sekitar makam. Tim sejarah Leles berhasil menemukan Candi Cangkuang pada tanggal 1966. Tim penelitian yang disponsori oleh Bapak Idji Hatadji (CV. Haruman) ini diketuai oleh Prof. Harsoyo, Uka Tjandrasasmita (ketua penelitian sejarah Islam dan lembaga kepurbakalaan), dan mahasiswa dari IKIP Bandung. Penelitian dilaksanakan berdasarkan tulisan Vorderman dalam buku Notulen Bataviaasch Genotschap terbitan tahun 1893 yang menyatakan bahwa di Desa Cangkuang terdapat makam kuno dan sebuah arca yang sudah rusak. Disebutkan bahwa temuan itu berlokasi di bukit Kampung Pulo.

Lokasi Candi Cangkuang

Objek wisata ini terletak Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk mengakses tempat ini, dari alun-alun lesles Anda bisa menggunakan mobil pribadi, motor, atau bus, dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 15 menit perjalanan. Apabila menggunakan bus besar disarankan agar menggunakan jasa pengawalan.

Transportasi ke Candi Cangkuang

Jika menggunakan transportasi umum, anda dapat mencapai candi cangkuang menggunakan Bis jurusan Garut dari Bandung/Jakarta dan berhenti di alun-alun kecamatan Leles. Dari alun-alun Leles, anda dapat menggunakan andong ataupun jasa ojek yang banyak terdapat disana untuk langsung menuju situ dan candi cangkuang.

Akomodasi Candi Cangkuang

Sarana parkir untuk pengunjung tersedia cukup luas. Selain itu juga terdapat banyak warung/tempat makan. Sarana lain seperti toilet dan Mushala juga sudah tersedia. Di sekitar candi juga terdapat tempat belanja oleh-oleh yang cukup lengkap. Untuk para pengunjungnya akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 per orang. Dan jika ingin menyeberang, kamu juga perlu mengeluarkan kocek mulai dari Rp6.000 saja.

Source Jalan Wisata nativeindonesia
Comments
Loading...