Wisata Sejarah Benteng VOC Jepara Jawa Tengah

0 139

Benteng VOC

Benteng VOC di Jepara atau juga dikenal sebagai Fort Japara XVI merupakan salah satu peninggalan sejarah yang terletak di Jepara. Peninggalan sejarah ini dijadikan tempat wisata untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Benteng ini memang merupakan benteng peninggalan sejarah masa penjajahan Belanda, diperkirakan dibangun pada abad XVI Masehi. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke situs bersejarah di Jepara, benteng ini harus Anda kunjungi. Dengan berkunjung ke benteng yang lebih dikenal oleh masyarakat Jepara sebagai Lodji Gunung ini Anda dapat melihat beberapa peninggalan sejarah di masa penjajahan.

Lokasi Benteng VOC 

Untuk lokasi, bangunan Benteng VOC terletak di sekitar alun-alun Jepara yaitu sekitar 0,5 km ke arah utara. Benteng ini memiliki ketinggian sekitar 85 m diatas permukaan laut. Di sekitar kawasan ini, tepatnya yaitu bagian timur benteng ini terdapat makam kuno. Dimana makam tersebut berisi makam orang Belanda dan juga orang Cina. Selain itu juga terdapat Taman Makam Pahlawan Giri Dharma. Pada gerbang masuk kawasan ini terdapat tulisan Fort Japara XVI.

Makam benteng VOC

Sejarah Benteng VOC 

Sejarah ini merupakan tempat rekreasi yang cukup representative. Dimana di kawasan ini banyak sekali taman buatan yang sangat indah dan mempesona. Bahkan juga terdapat taman buah yang ada di depan gerbang. Buah-buahan yang ditanam pada taman tersebut diantaranya yaitu Belimbing, Mangga, Sukun dan juga Jambu. Bagi Anda yang berkunjung ke benteng ini, Anda dapat melihat keindahan yang tampak di sekitar. Anda juga dapat melihat kemegahan bangunan Stadion Gelora Bumi Kartini dari Benteng VOC Jepara.

Makam Benteng VOC

Keindahan Benteng VOC 

Dari tembok benteng sebelah barat, kita dapat memandang teluk Jepara yang sangat Indah sampai Tome Pires bilang semua pelabuhan dunia yang telah di singgahi Pelabuhan Jepara yang di lindungi teluk yang indah. Selain itu kita bisa melihat kemegahan Stadion Gelora Bumi Kartini yang menjadi kebanggaan masyarakat Jepara. Tempat ini cukup representative untuk wahana rekreasi keluarga khususnya warga kota Jepara dan sekitarnya karena baik di dalam maupun di luar benteng dipenuhi taman buatan. Bahkan di depan gerbang sebelah kiri terhampar taman buah yang berisi tanaman Mangga, Belimbing, Jambu, bahkan Sukun.

Source wisata Jepara
Comments
Loading...