Wisata Rohani Salib Kasih, Kota Medan

0 84

Wisata Rohani Salib Kasih

Mengunjungi Tapanuli Utara memang tak lengkap rasanya bilantak berwisata religi. Tarutung sendiri memiliki sebuah wisata religi agama Kristen yaitu Salib Kasih. Dan saat ini Tarutung dikenal sebagai pusat wisata bernuansa religi di Sumatera Utara. Setiap waktu, Tarutung banyak dikunjungi oleh para pemeluk agama Kristen dari berbagai penjuru tanah air.

Tarutung yang dulunya dikenal sebagai pusat perdagangan yang ramai dikunjungi orang-orang sekitar memang sangat istimewa. Kini tempat ini dijadikan tempat wisata di mana Salib Kasih menjadi tujuan. Tempatnya yang sejuk dikelilingi pohon yang tinggi menjadi daya tarik sendiri. Hingga akhirnya Taruntung disebut sebagai kota religi.

Sejarah Berdirinya Salib Kasih Tarutung

Salib Kasih – Siatas Barita ini dibuat untuk menggenang Dr. Ingwer Ludwig Nomannsen seorang missionaris beragama kristen dari Jerman. Ia dianggap berjasa atas penyebaran agama kristen di tanah Batak. Dalam perjalanannya menyebarkan agama, beliau sempat akan dibunuh karena menyebarkan agama Kristen, lho! Meski begitu, ancaman pembunuhan itu tidak menghentikan usaha beliau dalam menyebarkan agama Kristen di Tapanuli Utara.

Ada banyak prasati untuk mengenang jasa Dr. IL Nomannsen di Salib Kasih ini. Jadi jika kamu mau ke sini, jangan heran dengan banyaknya prasasti yang dipamerkan di sini. Ada juga rumah doa dan juga patung Nomannsen yang berwarna putih berdiri dengan gagahnya. Di tempat ini pula Nomannsen memandang ke arah Rura Silindung di bawah dia.

Lokasi Salib Kasih Tarutung

Salib Kasih merupakan monumen sebagai rasa hormat dan menghargai  jasa missionaris kristen terkhusus Nomanssen. Monumen ini terletak di Dolok Siatas Barita, Kecamatan Siatas Barita atau arah selatan Kampung Tarutung, yang dibangun sejak bulan Oktober 1993. Diyakini pula bahwa tempat yang dibangun sebagai monumen ini merupakan tempat tinggal sombaon.

Dalam kepercayaan orang Batak, Sombaon adalah roh alam yang memiliki derajat tinggi. Sombaon termasuk ditakuti karena menentukan nasib baik atau buruk seseorang yang bertempat tinggal di sekitar Salib Kasih ini. Jadi tidak perlu heran ketika Sombaon atau tempat ini terdengar dipuja-puja banyak orang. Selain itu terkadang tempat ini diberi sesajen (pelean) oleh warga sekitar supaya mendapat keberuntungan dan nasib baik dalam hidupnya.

Ada pepatah yang menyebutkan bahwa kalau kamu ke Tarutung tak lengkap rasanya jika tidak singgah di Salib Kasih. Jelas saja karena monumen ini adalah landmark-nya Tarutung. Sehingga jika kamu sudah ke sini, kamu akan merasa lengkap dan puas karena sudah melengkapi kunjunganmu di Tarutung. Perjalanan untuk ke Salib Kasih tidak akan membuatmu bosan. Kamu akan disuguhi pohon-pohon besar yang tampak asri dan rindang. Apalagi di sini juga udara terasa dingin, seolah-olah kamu berada di luar negeri.

Selain itu wisatanya yang bernuansa religi dapat menebalkan imanmu, utamanya bagi para pemeluk agama Kristen yang ada di sekitar Sumatera Utara ataupun penjuru tanah air lainnya. Di sepanjang perjalanan pula ditemukan banyak nisan yang ditinggalkan pengunjung sebagai sebuah bentuk kenang-kenangan. Dari nisan yang ditulis tak hanya orang sekitar Sumatera saja yang datang ke sini. Ada yang dari Papua Barat hingga mancanegara. Jadi jika kamu berniat berwisata religi terkhusus agama kristen, datanglah ke Salib Kasih Tarutung!

Source https://www.lihat.co.id https://www.lihat.co.id/wisata/salib-kasih.html
Comments
Loading...