Wisata Religi Vihara Sian Djin Ku Poh di Karawang

0 131

Vihara Sian Djin Ku Poh

Vihara Sian Djin Ku Poh adalah salah satu tempat ibadah umat budha vihara ini sejak tahun 1770 menjadi tempat untuk rombongan dari Tionghoa mendarat ke Teluk Ujung Karawang untuk menuju Muara Cabangbungin, Bekasi lalu menyusuri Sungai Citarum. Rombongan tersebut tersebut terdiri dari tiga margha yakni Marga Khouw, Lauw dan Tjiong yang dipimpin oleh pemimpin bernama Khow Sie Ie. Rombongan tersebut membawa abu leluhur mereka, Sian Djin Ku Poh.

Kondisi Vihara Sian Djin Ku Poh

Suhu Vihara adalah keturunan dari Marga Khouw. Vihara ini ini memiliki bentuk yang sudah berbeda dengan kondisi vihara sebelumnya. Alasannya karena material pembangunnanya sudah berbeda dengan yang dahulu serta banyaknya jamaah dan pengunjung yang berkunjung ke wisata ini dari waktu ke waktu. Di dalam vihara yang sudah berumur tiga ratus tahunan ini terdapat tempat persembahyangan atau altar. Selain memiliki altar utama yakni Altar Sian Dji Ku Poh, ada juga Altar untuk Tuhan Yang Maha Esa, Swan Kwan Tee, Mun Sen, Toe Tie Kong, Sakyamuni Buddha, dan masih banyak lagi.

Pengawasan Vihara Sian Djin Ku Poh

Vihara Sian Jin Ku Poh adalah vihara yang dalam pengawasan Yayasan Sian Djin Ku Poh. Yayasan ini berada di samping gerbang utama sebelum memasuki vihara . Pengelola viharalah yang selalu mengadakan acara besar, seperti hari ulang tahun vihara dan acara lain seperti, upacara pergantian tahun baru, Upacara Potumugana. Serta atraksi Barangsai yang selalu ramai oleh berbagai wisatawan dan pengunjung yang sedang berkunjung di wisata Karawang ini. Sian Djin Ku Poh adalah leluhur bangsa Thiongkok yang berada. Vihara Shian Jin Ku adalah wisata sejarah dan kebudayaan yang wajib dilindungi oleh pemerintah dan berbagai kalangan yang  di Indonesia.

Akses Menuju Vihara Sian Djin Ku Poh

Lokasi Vihara Sian Djin Ku Poh berada di Jalan Rangga Gede 1, Desa Tanjung Pura, Kecamatan Karawang. Atau lebih tepatnya berada 4 KM dari pusat Kota Karawang. Kepopuleran dari vihara ini sudah terkenal di Kawarang dan berbagai macam daerah lain di Jawa Barat. Bukan hanya etnis Thionghoa saja yang berkunjung untuk ibadah.

Source https://www.lihat.co.id https://www.lihat.co.id/wisata/vihara-sian-djin-ku-poh.html
Comments
Loading...