Wisata Religi Pura Tirta Sudamala di Bangli

0 12

Pura Tirta Sudamala

Pura Tirta Sudamala adalah pilihan tempat wisata baru di Pulau Bali di samping pantai-pantainya yang eksotis. Berwisata di pura ini traveler bisa sekaligus mandi di air mancur yang konon dipercaya dapat menghapus aura negatif yang ada pada diri seseorang. Mulai sekarang kamu bisa memasukkannya sebagai salah satu destinasi liburan pilihan di Pulau Dewata.

Berlibur di Pulau Bali selalu identik dengan bermain di pantai. Padahal masih banyak tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi di pulau ini. Terkenal dengan julukan sebagai Pulau Dewata, sebenarnya Bali adalah tempat yang sarat akan nilai spiritualnya. Sebagai bukti banyak sekali pura-pura yang dibangun tersebar di wilayahnya yang digunakan untuk ritual dan upacara keagamaan agama Hindu.

 

Beberapa pura memang sengaja dibuka untuk wisata umum. Seperti halnya Pura Tirta Sudamala yang terletak di Desa Sedit, Kecamatan Bebalang, Kabupaten Bangli. Pura ini kesehariannya digunakan warga sekitar untuk kegiatan rohani berupa menyucikan diri karena konon warga percaya tempat tersebut memiliki kekuatan suci yang berasal dari Sang Hyang Widi.

Di dalam kawasan Pura Tirta Sudamala terdapat 11 pancuran air, sembilan diantaranya berada di posisi yang lebih tinggi dibanding dua lainnya. Air pancuran yang mengalir ini sangat jernih dan berasal dari mata air alam di dekat pohon bunut besar berumur ratusan tahun di dekat pura. Pura ini memiliki suasana spiritual yang sangat kental serta terasa damai saat berada disana.

Air yang keluar dari pancuran dipercaya warga dapat menyucikan diri secara jasmani dan rohani, menghilangkan aura negatif serta menghilangkan pengaruh-pengaruh buruk seperti ilmu hitam. Pancuran yang letaknya lebih tinggi mengalirkan air yang cukup deras, umumnya kucuran air ini dimanfaatkan pengunjung sebagai sarana pijat refleksi.

Pura Tirta Sudamala baru dikembangkan sebagai obyek wisata umum pada tahun 2012 lalu. Dalam waktu yang singkat, tempat ini mampu menarik banyak wisatawan yang berkunjung. Umumnya mereka datang karena penasaran dengan khasiat air yang banyak diceritakan dari mulut ke mulut. Wisatawan datang untuk mandi sekaligus membersihkan diri dari aura negatif yang ada.

Mungkin saat kamu sedang berlibur ke Bali tidak ada salahnya untuk datang ke pura ini. Selain membuktikan khasiat air pancuran yang ada di sekitar pura, traveler akan disambut dengan pemandangan pedesaan yang hijau dengan sawah terasiring yang khas. Sekalian saja nanti mampir ke destinasi lain di Bangli seperti danau Batur di Kintamani, Pura Kehen dan desa Penglipuran.

Source https://travelingyuk.com https://travelingyuk.com/pura-tirta-sudamala/10196/
Comments
Loading...