Wisata Religi Pura Silayukti, Bali

0 47

Pura Silayukti

Pura Silayukti di Karangasem ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan. Tempat suci ini dibangun sebagai tempat parahyangan seorang tokoh religius yang mampu menata kehidupan sosial masyarakat Bali. Keberadaan Pura Silayukti erat hubungannya dengan keberadaan Mpu Kuturan yang mampu menata kehidupan Bali terutama dalam kepercayaan beragama, karena awalnya pulau Bali ini terdapat banyak sekte dengan berbagai kepercayaan sehingga rawan terjadinya konflik, untuk itulah beliau ditugaskan untuk menatanya sehingga dikenal dengan adanya Desa Pakraman yang memiliki Pura Kahyangan Tiga.

Asal Usul Nama Pura Silayukti

Kata Silayukti berasal dari kata “sila” yang artinya dasar dan “yukti” berarti benar kalau digabungkan menjadi dasar dari kebenaran, sehingga bagi anda yang bersembahyang di tempat suci ini, benar-benar memegang teguh kebenaran, sesuai dengan ajaran agama. Pujawali ataupun odalan di Pura Silayukti setiap 6 bulan sekali (setiap 210 hari), sesuai penanggalan dalam kalender Bali bertepatan dengan Buda (Rabu) Kliwon wuku Pahang. Pura Silayukti memiliki hubungan erat dengan keberadaan Mpu Kuturan di Bali. Banyak umat Hindu yang berdatangan pada pujawali tersebut terkadang para pemedek harus memanfaatkan parkiran dermaga Padang Bai untuk parkir mobil.

Akses Menuju Pura Silayukti

Akses menuju pura sangat mudah, dari arah Denpasar menuju ke pelabuhan atau dermaga Padang Bai, sebelum menuju gerbang utama dermaga Padan Bali, ada pertigaan belok kiri, ikuti jalan tersebut sudah ada petunjuk jalan menuju ke arah pura. Pada hari-hari biasa ataupun jika melaksanakan upacara meajar-ajar maka mobil bisa dengan leluasa parkir di kawasan ini, tetapi jika saat piodalan tempat parkir sangat terbatas.

Sejumlah objek wisata di Bali serta tempat rekreasi berdekatan dari pura Silayukti, seperti pantai Padang Bai, Blue Lagoon dan Pantai Bias Tugel memiliki keindahan pantai berpasir putih dan tempat rekreasi diving maupun snorkeling. Di kawasan ini juga ada dermaga kapal cepat atau fast boat dari Bali ke Gili Trawangan dan kapal ferry menuju Lombok dan Nusa Penida. Sebelah Timur Pura Silayukti terdapat pantai Labuhan Amuk, tempat kapal selam Odyssey Submarine dan watersport.

Source http://www.balitoursclub.net http://www.balitoursclub.net/pura-silayukti-karangasem/
Comments
Loading...