Wisata Religi Pura Pancering Jagad di Bangli, Bali

0 41

Pura Pancering Jagad

Pura Pancering Jagad merupakan salah satu wisata religi yang terletak di Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bangli, Indonesia. Ikhwal nama Pura Pancering Jagad bermuasal dari megalithiK setinggi 4 m, yang disebut oleh penduduk local dengan nama “Arca Da Tonta” atau “Ratu Gede Pusering Jagad”.

Selain letaknya yang stategis di kawasan wisata, Pura Pancering Jagad memiliki keisimewaan tersendiri. Pada setiap Sasih Kapat yang jatuh pada bulan oktober, pengunjung atau wisatawan dapat menyaksikan pertunjukkan Barong Brutuk. Pertunjukan Barong Brutuk merupakan perayaan ulang tahun legenda pernikahan antara Ratu Sakti Pancering Jagat (penjaga desa) dan Ratu Ayu Dalem Pingit (Ratu Ayu Dalem Dasar).

 

Di dalam Pura Pancering Jagad terdapat beberapa benda peninggalan zaman megalitikum seperti arca yang berhiaskan ukiran sederhana dan ekspresi wajah yang cukup menyeramkan. Uniknya lagi arca ini memiliki tampilan tanpa busana dengan alat vital (penis) menjulur ke bawah dan di bawahnya terdapat alat kelamin wanita. Menurut kepercayaan Hindu, simbol ini merupakan bentuk awal ‘lingga yoni’ yaitu kekuatan dewa Siwa dan dewi Uma.

Pura Pancering Jagad ini beberapa waktu silam pernah mengalami kerusakan akibat amukan angin ribut. Pohon tumbang yang mengakibatkan beberapa bangunan pura rusak. Sebuah pohon beringin yang ada di bagian sebelah timur pura tumbang tercabut hingga akarnya. Akibat peristiwa alam tersebut sebanyak 17 pelinggih, tiga buah candi bentar berikut penyengker pura rusak parah. Banyak benda purbakala yang memiliki nilai religius juga rusak. Saat kejadian itu arca pralingga Datonta yang disucikan di meru tumpang pitu masih utuh.

Penduduk desa setempat mengaku tidak mampu menanggung sepenuhnya biaya untuk melakukan renovasi bangunan pura yang rusak akibat peristiwa tersebut. Namun berkat uluran beberapa pihak yang peduli akan bangunan suci tersebut, Pura Pancering Jagad pun bisa dibenahi secara perlahan dan bisa dikunjungi kembali.

Source http://biasputih.com http://biasputih.com/tempat-wisata/wisata-spiritual-ke-pura-pancering-jagad/
Comments
Loading...