Wisata Religi Masjid Raya Labui, Pidie Aceh

0 50

Masjid Raya Labui

Masjid Raya Labui merupakan masjid tertua yang ada di Kabupaten Pidie. Masjid ini dibangun atas gagasan dari Sultan Iskandar Muda yang kala itu memang tengah gencar-gencarnya membangun tempat ibadah disetiap daerah yang beliau singgahi. Sebelum berganti nama, masjid ini dikenal dengan nama Masjid Po Teumeureuhom. Tak hanya memiliki nilai sejarah yang tinggi, masjid ini juga menawarkan keindahan arsitektur serta mimbar yang ada didalamnya.

 Masjid Raya Labui berada di Jalan Lingkar Keuniree, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Lokasi dari masjid ini kurang lebih berjarak 4 kilometer dari pusat Kota Sigli yang bisa ditempuh dengan perjalanan selama 10 menit. Terdapat beberapa alternatif moda transportasi yang bisa digunakan, seperti kendaraan umum atau juga kendaraan pribadi.

Pesona Masjid Raya Labui

Masjid Raya Labui juga memiliki keindahan arsitektur yang cukup menawan. Pengunjung bisa melihat kubah besar yang berwarna biru muda diatas masjid tersebut. Selain itu, pilar-pilar penyangga bangunan masjid pun sangat indah. Ketika Sultan Iskandar Muda singgah di daerah Pidie, beliau meninggalkan tongkat yang dikenal sebagai tongkat Po Teumeureuhom. Tongkat ini memiliki panjang sekitar 1,2 meter memiliki berat 5 kilogram, serta beruas-ruas seperti layaknya tebu. Tongkat berwarna keemasan ini sesungguhnya berfungsi sebagai penyangga untuk khotib ketika khotbah di mimbar.

Selain Tongkat Po Teumeureuhom, di Masjid Raya Labui juga masih menyimpan satu peninggalan bersejarah yang tak kalah menariknya. Peninggalan tersebut adalah sebuah mimbar yang dulunya merupakan hasil karya dari seorang pengrajin Cina. Mimbar ini tak kalah tuanya dengan masjid, dan diperkirakan berusia ratusan tahun. Meskipun telah berusia ratusan tahun, keindahan mimbar ini tetap terjaga dan dilestarikan. Dilakukan beberapa perbaikan dan renovasi pada mimbar ini, seperti pengecatan mimbar dengan warna emas sehingga tetap cantik dan bernilai seni tinggi. Wisatawan bisa melihat keunikan mimbar ini dengan masuk kedalam Masjid Raya Labui.

Bangunan yang memiliki luas sekitar 922 meter persegi dan berdiri di lahan seluas 10.800 meter persegi ini, tak hanya memiliki daya tarik pada keindahan bangunan dan peninggalan bersejarah saja. Tetapi, ketika wisatawan berkunjung ke Masjid Raya Labui juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar yang sangat asri berupa persawahan dan pepohonan rindang. Setelah melihat keindahan mimbar serta tongkat yang berusia ratusan tahun tersebut, wisatawan bisa menikmati angin sepoi-sepoi yang tiada hentinya berhembus. Dihalaman masjid juga terdapat bale-bale dan taman yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat serta menikmati keindahan masjid.

Fasilitas di Masjid Raya Labui

Fasilitas yang terdapat pada Masjid Raya Labui ini tergolong sangat lengkap, terdapat fasilitas umum serta berbagai fasilitas guna menunjang kegiatan keagamaan yang dilakukan di masjid. Di masjid ini terdapat toilet umum, tempat parkir yang cukup luas, tempat penitipan sepatu dan sandal, perpustakaan, gudang, bale-bale dan taman. Tak hanya itu, masjid juga dilengkapi dengan AC dan pengeras suara guna memberikan kenyamanan bagi para jamaah yang beribadah di masjid. Terdapat pula aula serba guna yang digunakan dalam berbagai kegiatan, seperti pernikahan, dan kegiatan agama lainnya. Di masjid ini juga terdapat ruang belajar bagi para santri dan murid madrasah.

Di depan masjid, pengunjung bisa menemukan warung yang menyediakan berbagai makanan khas Pidie. Disini pengunjung bisa mencicipi kuliner yang menggoda selera seperi Mie Caluek, lontong tape, mie urap dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan bisa membuat perut kenyang. Jika ingin menginap, wisatawan bisa memilih hotel dan penginapan di Kota Sigli. Terdapat beberapa hotel dan penginapan yang bisa disewa untuk bermalam. Berkunjung ke Masjid Raya Labui bisa menjadi alternatif wisata religi yang menarik ketika tengah berada di Kabupaten Pidie, berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan saat berada di masjid.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Masjid-Raya-Labui
Comments
Loading...