Wisata Religi Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan

0 31

Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan

Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan merupakan salah satu wisata religi  Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan, ini terletak di sisi jalan raya Malang – Surabaya, tidak jauh dari terminal Pandaan. Letaknya sangat strategis, jadi mudah ditemukan dijangkau.

Lebih jelasnya bisa lihat citra satelit dibawah ini. Citra satelit, Masjid Muhammad Cheng Hoo, di Jalan Raya Malang – Surabaya. Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan mulai dibangun sejak tahun 2003 dan baru diresmikan pada tahun 2008 oleh Bupati Pasuruan kala itu, H. Jusbakir Aldjufri, SH. MM. Nama Muhammad Cheng Hoo sendiri.

Merupakan nama dari seorang laksamana terkenal asal Tiongkok yang pernah melakukan ekspedisi bersejarah pada pada masa lampau. Ekspedisi beliau menjangkau hingga timur tengah, Afrika dan Asia. Salah satunya Indonesia menjadi tempat singgah  Laksama Cheng Hoo. Dalam misi pelayarannya, Laksamana Cheng Hoo juga menyebarkan agama Islam kepada penduduk setempat dimana dikunjungi. Menilik Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan terlihat unik. Nampak dari desain.

Arsitekturnya meski dominan dengan ciri budaya Cina, tetapi masih ada unsur Jawa dan Islam. Masjid ini terlihat mencolok dengan warnanya yang cerah, merah, kuning dan hijau, identik sekali dengan bangunan khas Cina. Sedangkan bentuk dan ornamen atap merupakan perbaduan budaya Cina dan Jawa.

Nuansa Islami  ada pada kaligrafi lafadz Allah dan kalimat Tauhid yang terukir pada dinding Masjid. Bagi anda yang sedang melintas jalur Malang – Surabaya, ada baiknya berhenti sejenak mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan. Selain untuk ibadah, bisa sambil melepas penat selama perjalanan dan juga menikmati kemegahan bangunan masjid unik ini.

Source http://wongcrewchild.blogspot.co.id http://wongcrewchild.blogspot.co.id/2015/04/masjid-muhammad-cheng-hoo-pandaan.html
Comments
Loading...