Wisata Religi Masjid Cut Meutia di Jakarta Pusat

0 23

Masjid Cut Meutia

Masjid Cut Meutia ini merupakan salah satu wisata religi bukan hanya sekadar masjid biasa. Selain memiliki latar sejarah yang panjang, masjid yang selalu ramai ini juga memiliki daftar agenda yang panjang. Pihak pengurus masjid begitu rajin mengadakan kegiatan baik berupa kegiatana keagamaan seperti pengajian, hingga kegiatan hiburan seperti konser musik seperti Ramadhan Jazz Festival lalu.

“Acara Festival Jazz Ramadan ini sudah yang ke-lima. Nanti berbagai musisi jazz tampil secara cuma cuma, berdakwah dengan musik jazz,” kata Ashraf Ali, selaku Sekretaris Yayasan Masjid Cut Meutia Ya, Masjid Cut Meutia adalah sedikit, atau mungkin satu-satunya, yang mengadakan kegiatan konser musik di lingkungan masjid. Suatu bentuk peleburan apik dan kekinian antara agama dan musik.

Akses Menuju Masjid Cut Meutia

Lokasi masjid yang berada di pusat kota dengan berbagai akses yang mendukung. Masjid ini bisa diakses dengan menggunakan bus, hingga kereta. Akses ini tentunya sangat mendukung pelaksanaan konser musik yang biasanya diadakan setiap pertengahan Ramadhan tersebut. Masjid Cut Meutia ini berada di Jl. Cut Meutia No.1 RT.10/RW.5, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350, berdekatan dengan Stasiun Gondangdia, dan juga Jalan Cikini Raya yang menjadi salah satu pusat hiburan dan jajanan ibukota.

Selain bisa menikmati syahdunya konser musik, beribadah, ataupun menikmati sejarah masa lalu, pengunjung juga dapat menyisir berbagai jajanan yang ada di belakang Masjid Cut Meutia. Mulai dari jajanan pasar seperti gorengan di pinggir jalan, sop buntut cut meutia yang tersohor, hingga makanan mewah di berbagai restoran sekitar juga tersedia.

Setiap kali jam menunjukkan waktu salat, banyak orang berbondong-bondong masuk ke dalam masjid untuk beribadah. Tapi jangan kaget saat masuk ke dalamnya. Anda akan melihat barisan shaf begitu miring. Hal itu karena bangunan asli memang tidak memperhitungkan arah kiblat. Namun, modifikasi tersebut justru menjadikan Masjid Cut Meutia unik. Jamaah dapat menemukan mihrab yang biasanya berada di sisi tempat imam sholat berdiri, tidak berada di posisi umumnya. Mihrab lebih berada di tengah ruangan, dan posisi imam tersembunyi di balik dinding Cut Meutia.

Source https://www.cnnindonesia.com https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150718111138-269-67032/masjid-cut-meutia-bukan-sembarang-masjid-biasa
Comments
Loading...