Wisata Religi Masjid Agung Sidoarjo Jawa Timur

0 323

Masjid Agung Sidoarjo

Masjid Agung Sidoarjo merupakan salah satu wisata religi masjid terbesar di kabupaten Sidoarjo. Terletak Jalan Sultan Agung, di seberang  pintu masuk Alun alun Sidoarjo, di samping gedung pemerintahan daerah dan kantor polisi. Masjid ini, memiliki tiga lantai dan beberapa pilar besar dengan lantai yang terbuat dari marmer.

Masjid Agung Sidoarjo bagaikan rumah bagi mereka yang ingin singgah dan memuliakan Tuhan. Baik di pelataran dan di dalam masjid memiliki suasana yang teduh dan semilir, sehingga membuat nyaman para jemaat yang sedang sholat  atau pengunjung yang hanya sekedar melepas penat sebelum kembali beraktifitas.

Dari prasasti batu marmer yang berada Tugu di halaman Masjid, pembangunan Masjid Agung Sidoarjo di mulai pada hari Jumat Kliwon 26 Suro 1313 Hijriyah atau 1825 tahun Jawa atau 19 Juli  tahun 1895. Pendirian Masjid Agung Sidoarjo ini berawal dari inisiatif bupati Sidoaarjo R. Adipati Pandji Tjondronegoro yang menjabat mulai tahun 1882  hingga 1905.

Di areal belakang Masjid Agung Sidoarjo juga terdapat komplek makam keluarga Tjondronegoro, termasuk dimakamkan di sana pendiri masjid yang disebutkan dalam prasasti. Berbagai kegiatan pernah diadakan untuk tetap meramaikan suasana di Masjid Agung Sidoarjo ini. Seperti nikah massal, pasar rakyat serta berbagai kegiatan yang bermanfaat lainya.

Source http://www.wisatasidoarjo.com http://www.wisatasidoarjo.com/masjid-agung-sidoarjo/
Comments
Loading...